UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 7 / No. 3 / Published : 2019-11

Order : 7, and page :80 - 92

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi pemenangan calon legislatif terpilih yang berlatar belakang pengusaha dalam pemilihah legislatif tahun 2014 di kabupaten sidoarjo

Author :

  1. Kevin Wijayanata Valentino Nyoto Hadi*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini membahas tentang studi marketing politik dalam strategi pemenangan politik calon terpilih yang berlatar belakang pengusaha pada pemilihan legislatif tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo. Keberhasilan calon legislatif yang berlatar belakang pengusaha memenangkan persaingan politik pada proses pemilihan legislatif tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo merupakan keberhasilan dalam mempromosikan diri dan meyakinkan pemilih. Proses tersebut dilakukan saat kampanye dengan strategi marketing politik untuk meraup dukungan suara dari pemilih. Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan marketing politik yang dilakukan oleh calon legislatif terpilih yang berlatar belakang pengusaha pada pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Sidoarjo tahun 2014. Teori yang digunakan menganalisis penelitian ini yaitu teori marketing politik. Teori marketing politik merupakan penerapan konsep dan metode marketing ke dalam ranah politik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Anggota legislatif yang berlatar belakang pengusaha ini memiliki pengalama n dalam mengelola usaha sehingga mereka mengerti bagaimana penerapan konsep dan metode dari marketing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing politik yang dilakukan oleh calon legislatif yang berlatar belakang pengusaha didasarkan pada lingkungan internal dan modal sosial yang dimiliki. Saat melakukan kampanye menekankan kepada pembentukan citra positif dari calon legislatif tersebut. Pengusaha dalam menghadapi persaingan politik pemilihan legislatif di Kabupaten Sidoarjo memanfaatkan modal jejaring usaha mereka untuk mempengaruhi dukungan dan meraup suara sebanyak mungkin.

Keyword :

marketing politik, pemilu legislatif, partai politik,


References :

Gufron, Achmad ,(2015) Strategi Pemasaran Politik DPC Partai Gerindra Kota Semarang Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014 -- : Jurnal Departemen Politik dan Pemerintahan

Marian,(2013) Communication And Political Marketing -- : International Relations Research dan Science





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2019-11
  1. Polemik Ketenagakerjaan Dan Perlindungan Terhadap Mitra Transportasi Berbasis Daring Di Kota Surabaya
  2. Gerakan Penolakan Terhadap Kuningisasi Di Kabupaten Jombang
  3. Gerakan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Jawa Timur Dalam Penolakan Penambangan Pasir Nambangan Kota Surabaya
  4. Peran Pemerintah Kota Surabaya Dalam Pengaturan Transportasi Publik Kota Surabaya: Studi Perkotaan Program “suroboyo Bus”
  5. Komitmen Partai Kebangkitan Bangsa Sebagai Partai Hijau: Studi Kasus Partai Kebangkitan Bangsa Dewan Perwakilan Cabang Kota Surabaya
  6. Kepemimpinan Politik : Peran Walikota Dalam Implementasi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Di Kota Bontang
  7. Strategi Pemenangan Calon Legislatif Terpilih Yang Berlatar Belakang Pengusaha Dalam Pemilihah Legislatif Tahun 2014 Di Kabupaten Sidoarjo
  8. Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Transparansi Dpd Partai Golkar Kota Surabaya Terhadap Pengelolaan Bantuan Keuangan Partai Politik
  9. Relasi Kepala Desa Dan Badan Permusyawaratan Desa (bpd) Dalam Implementasi Dana Desa Di Desa Siwalanpanji Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo
  10. Kemajuan Teknologi E-commerce Dan Peran Pemerintah Dalam Ekosistem E- Commerce Kota Surabaya