Jurnal Politik Muda
ISSN 2302-8068
Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-01
Order : 4, and page :40 - 49
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Strategi pemenangan jokowi-jk di kabupaten mojokerto pada pemilihan presiden 2014 studi pada relawan gerakan rakyat pendukung jokowi-jk kabupaten mojokerto
Author :
- Kharisma Firdaus *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK Strategi Pemenangan dalam Skripsi ini merupakan studi yang membahas kemenangan Jokowi-JK di Kabupaten Mojokerto pada Pemilihan Presiden 2014. Jokowi-JK berhasil memenangkan Pemilihan Presiden 2014 di Kabupaten Mojokerto dengan hasil mutlak dari 18 kecamatan hanya 1 kecamatan saja Jokowi-JK kalah. Strategi Pemenangan Jokowi-JK di Kabupaten Mojokerto ini menghubungkan dua permasalahan. Pertama pola pengorganisasian dari tim sukses Jokowi-JK. Kedua, strategi tim sukses dalam memenangkan Jokowi-JK di Kabupaten Mojokerto. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, penelitian ini dipaparkan berdasarkan fakta-fakta yang ada dilapangan agar mendapatkan gambaran terhadap subjek yang diteliti serta lebih bebas dalam menjelaskan temuan-temuan dilapangan. Strategi Pemenangan Jokowi-JK di Kabupaten Mojokerto ini menggunakan teori Marketing Politik dalam menjelaskan pola pengorganisasian dan strategi dari tim sukses itu sendiri. Tim sukses Jokowi-JK di Kabupaten Mojokerto membentuk sebuah wadah yang disebut Relawan Gardu Jokowi-JK. Strategi yang mereka gunakan adalah pendekatan langsung kepada masyarakat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kunci dimana Jokowi-JK dapat sukses dalam Pemilihan Presiden 2014 di Kabupaten Mojokerto adalah lahirnya Relawan Gardu Jokowi-JK di Kabupaten Mojokerto dan hubungan yang erat antara Partai dan Relawan tersebut, serta strategi yang maksimal dalam pendekatan dengan masyarakat melalui metode silaturahmi atau door to door dari rumah kerumah. ABSTRACT Winning strategies in this thesis is a study that discusses winning Jokowi-JK in Mojokerto on Presidential Election 2014. Jokowi-JK won the 2014 Presidential Election in Mojokerto with absolute results of 18 districts only one single district Jokowi-JK lost. Winning Strategies Jokowi-JK in Mojokerto regency linking the two issues. The first pattern of organization of a successful team Jokowi-JK. Second, the strategy successful team in winning Jokowi-JK in Mojokerto. The method used is descriptive qualitative, the study was presented based on the facts that exist in the field in order to get an overview of the subject under study as well as more free in explaining the findings in the field. Winning Strategies Jokowi-JK in Mojokerto regency is using the theory of Political Marketing in explaining patterns of organization and strategy of a successful team itself. Jokowi-JK successful team in Mojokerto forming a container called Volunteer Substation Jokowi-JK. The strategies they use is a direct approach to the public. Research shows that the key where Jokowi-JK can be successful in the Presidential Election 2014 in Mojokerto regency is the birth of Volunteer Substation Jokowi-JK in Mojokerto and close relationship between the Party and volunteers, as well as strategies that leverage in the approach to the public through methods of gathering or door to door from house to house.
Keyword :
Strategi Pemenangan, , Pola Pengorganisasan, , Tim sukses,
References :
Firmanzah. ,(2008) Mengelola Partai Politik,Komunikasi dan Positioning Ideologi politik di era Demokrasi. - : Yayasan Obor Indonesia,
Firmanzah,(2012) Marketing Politik, Antara Pemahaman dan Realita. - : Yayasan Obor Indonesia,
Suyanto, Bagong & Sutinah (ed). Hendrarso, Emy Susanti. ,(2005) Metodologi Penelitian Sosial, Penelitian Kualitatif : Sebuah Pengantar. - : Kencana,
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-01 |
|