UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08

Order : 5, and page :115 - 120

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

pengaruh psikoedukasi penanganan anak dengan gangguan spektrum autisme terhadap pengetahuan guru dan sikap guru terhadap inklusi anak dengan gangguan spektrum autisme di sekolah inklusi

Author :

  1. Astra Bella Flamboyan *1
  2. Pramesti Pradna Paramita*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi penanganan anak dengan gangguan spektrum autisme terhadap pengetahuan guru dalam menangani anak dengan gangguan spectrum autisme dan sikap guru terhadap inklusi anak dengan gangguan spektrum autisme. Pengetahuan dalam pengertian ini melibatkan proses mengingat kembali hal-hal yang spesifik dan universal, mengingat kembali metode dan proses, atau mengingat kembali pola, struktur atau setting. Sikap guru terhadap inklusi adalah gambaran yang positif atau negatif dari komitmen guru dalam mengembangkan anak berkebutuhan khusus yang menjadi tanggung jawab guru dan juga menggambarkan sejauh mana anak berkebutuhan khusus diterima di sebuah sekolah. Bentuk penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen, dengan jumlah subjek sebanyak 30 orang. Alat pengumpulan data berupa instrumen tes pengetahuan terdiri dari 40 butir yang disusun oleh Pramesti Pradna Paramita, M.Ed.Psych. dan alat ukur skala sikap guru (STATIC) yang diadaptasi dari alat ukur yang disusun oleh Cochran. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji perbedaan Wilcoxon Signed Rank Test, dengan bantuan program statistik SPSS versi 20. Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai perbedaan antara pretest dan posttet sebesar 0.004 dan nila perbedaan sikap guru sebelum dan sesudah pelatihan sebesar 0.799. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan guru. Sikap guru tidak menunjukkan perbedaan sebelum dan sesudah pelatihan.

Keyword :

Pengetahuan guru;, Sikap guru, Psikoedukasi, Pelatihan, Gangguan spektrum autisme,


References :

Avramidis, E., Bayliss, P., & Burden, R. (,(2000) A survey into mainstream teachers’ attitudes towards the inclusion of children with special educational needs in the ordinary school in one local education authority 20(2), 191 : Educational Psychology: An International Journal of Experimental Educational Psychology,





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08
  1. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Social Coping Strategy Pada Mahasiswa Berbakat (gifted)
  2. Pengaruh Pemberian Permainan Tradisional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Di Surabaya
  3. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Dalam Pendidikan Karakter Di Smart Ekselensia Indonesia
  4. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Awal
  5. Pengaruh Psikoedukasi Penanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Terhadap Pengetahuan Guru Dan Sikap Guru Terhadap Inklusi Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Di Sekolah Inklusi
  6. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tutor Dengan School Engagement Pada Siswa Usia Remaja Awal Yang Mengikuti Pembelajaran Peer Tutoring
  7. Kekerasan Dalam Pacaran (dating Violence) Ditinjau Dari Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orangtua Pada Korban Remaja Madya
  8. Pengaruh Konformitas Terhadap Intensi Perilaku Menyontek Pada Siswa Sman 12 Surabaya
  9. Makna Hidup Pada Ibu Dengan Hiv/aids