UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08

Order : 1, and page :79 - 86

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara konsep diri dengan social coping strategy pada mahasiswa berbakat (gifted)

Author :

  1. Adina Okinovita *1
  2. Nono Hery Yoenanto*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan strategi koping sosial pada mahasiswa berbakat (gifted). Subjek pada penelitian ini berjumlah 43 mahasiswa berbakat (gifted) yang merupakan alumni SMAN 1 Puri, Mojokerto dan SMAN 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan skala psikologi untuk pengumpulan data. Konsep diri diukur dengan alat ukur yang dibuat sendiri oleh penulis menggunakan konsep dasar dari Harter dan Strategi Koping Sosial diukur dengan Social Coping Questionnaire (SCQ) yang dikembangkan oleh Swiatek dan Dorr (1998). Analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi Spearman’s Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelasi antara konsep diri dan strategi koping sosial yaitu - 0,128 dengan signifikansi 0,412 (>0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara konsep diri (gifted) dengan pemilihan strategi koping sosial mahasiswa berbakat (gifted).

Keyword :

Konsep diri, Koping Sosial, , Mahasiswa berbakat,


References :

Swiatek, M.A,(1995) An empirical investigation of the social coping strategies used by gifted adolescents. 154-160. : Gifted Child Quarterly.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08
  1. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Social Coping Strategy Pada Mahasiswa Berbakat (gifted)
  2. Pengaruh Pemberian Permainan Tradisional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Di Surabaya
  3. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Dalam Pendidikan Karakter Di Smart Ekselensia Indonesia
  4. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Awal
  5. Pengaruh Psikoedukasi Penanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Terhadap Pengetahuan Guru Dan Sikap Guru Terhadap Inklusi Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Di Sekolah Inklusi
  6. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tutor Dengan School Engagement Pada Siswa Usia Remaja Awal Yang Mengikuti Pembelajaran Peer Tutoring
  7. Kekerasan Dalam Pacaran (dating Violence) Ditinjau Dari Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orangtua Pada Korban Remaja Madya
  8. Pengaruh Konformitas Terhadap Intensi Perilaku Menyontek Pada Siswa Sman 12 Surabaya
  9. Makna Hidup Pada Ibu Dengan Hiv/aids