UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08

Order : 6, and page :121 - 127

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara persepsi siswa terhadap tutor dengan school engagement pada siswa usia remaja awal yang mengikuti pembelajaran peer tutoring

Author :

  1. Ayu Amaliyah*1
  2. Iwan Wahyu Widayat e*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap tutor dengan school engagement pada siswa usia remaja awal yang mengikuti pembelajaran peer tutoring. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 52 siswa, dengan kisaran usia antara 13 hingga 15 tahun. Alat pengumpul data berupa skala persepsi siswa terhadap tutor yang disusun berdasarkan aspek dan kategori peer tutoring oleh Harootunian (2007) sebanyak 26 aitem dan skala school engagement yang disusun oleh Purwita (2013) sebanyak 24 aitem. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan teknik spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap tutor dengan school engagement pada siswa usia remaja awal yang mengikuti pembelajaran peer tutoring dengan koefisien korelasi sebesar -0,005 dan taraf signifikansi sebesar 0,969 (p<0,05). Tidak adanya hubungan antara antara persepsi siswa terhadap tutor dan school engagement juga menunjukkan kondisi hubungan yang sangat lemah.

Keyword :

Peer tutoring, Persepsi, School engagement, Siswa remaja awal,


References :

Johnson, W.D., Johnson, R.T., & Roseth,C,(2010) Cooperative learning in middle schools, interrelationship in relationship and achievement. 5, 1, 1-18. : Middle Grades Research Journal





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08
  1. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Social Coping Strategy Pada Mahasiswa Berbakat (gifted)
  2. Pengaruh Pemberian Permainan Tradisional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Di Surabaya
  3. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Dalam Pendidikan Karakter Di Smart Ekselensia Indonesia
  4. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Awal
  5. Pengaruh Psikoedukasi Penanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Terhadap Pengetahuan Guru Dan Sikap Guru Terhadap Inklusi Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Di Sekolah Inklusi
  6. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tutor Dengan School Engagement Pada Siswa Usia Remaja Awal Yang Mengikuti Pembelajaran Peer Tutoring
  7. Kekerasan Dalam Pacaran (dating Violence) Ditinjau Dari Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orangtua Pada Korban Remaja Madya
  8. Pengaruh Konformitas Terhadap Intensi Perilaku Menyontek Pada Siswa Sman 12 Surabaya
  9. Makna Hidup Pada Ibu Dengan Hiv/aids