UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08

Order : 9, and page :149 - 157

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Makna hidup pada ibu dengan hiv/aids

Author :

  1. Dyah Pravita Ningrum*1
  2. Rudi Cahyono*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna hidup pada ibu dengan HIV/AIDS. HIV/AIDS dapat memberikan dampak fisik maupun psikologis pada orang yang terinfeksi HIV/AIDS, termasuk juga ibu yang terinfeksi HIV/AIDS. Konsep makna yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep makna hidup Baumeister (1991). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologis. Unit analisis penelitian ini yaitu makna hidup ibu yang terinfeksi HIV/AIDS. Subjek pada penelitian ini terdiri atas tiga ibu yang terinfeksi HIV/AIDS. Data dikumpulkan melalui wawancara dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode Empirical Phenomenological Psychological (EPP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna hidup ibu yang terinfeksi HIV/AIDS yaitu kesempatan hidup dan mampu hidup sehat. Ibu dengan HIV/AIDS menjalani hidupnya dengan makna hidup yang dimilikinya dalam beberapa aspek. Aspek yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu menjalani berbagai peran sosial, memperbaiki diri secara spiritual dan menjaga kesehatan diri. Aspek menjalani berbagai peran sosial terdiri dari tiga sub tema: sebagai ibu, sebagai istri dan sebagai anggota masyarakat

Keyword :

Makna hidup, Ibu dengan HIV/AIDS,


References :

Hackl, K. L., Somlai, A. M., Kelly, J.A., & Kalichman, S. C.,(1997) Women living with HIV/AIDS: The dual challenge of being a patient and caregiver 22, 1, 53. : Health & Social Work





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08
  1. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Social Coping Strategy Pada Mahasiswa Berbakat (gifted)
  2. Pengaruh Pemberian Permainan Tradisional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Di Surabaya
  3. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Dalam Pendidikan Karakter Di Smart Ekselensia Indonesia
  4. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Awal
  5. Pengaruh Psikoedukasi Penanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Terhadap Pengetahuan Guru Dan Sikap Guru Terhadap Inklusi Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Di Sekolah Inklusi
  6. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tutor Dengan School Engagement Pada Siswa Usia Remaja Awal Yang Mengikuti Pembelajaran Peer Tutoring
  7. Kekerasan Dalam Pacaran (dating Violence) Ditinjau Dari Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orangtua Pada Korban Remaja Madya
  8. Pengaruh Konformitas Terhadap Intensi Perilaku Menyontek Pada Siswa Sman 12 Surabaya
  9. Makna Hidup Pada Ibu Dengan Hiv/aids