UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08

Order : 8, and page :140 - 148

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh konformitas terhadap intensi perilaku menyontek pada siswa sman 12 surabaya

Author :

  1. R. Dhimas Wibowo Wicaksono*1
  2. Fitri Andriani*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari konformitas terhadap intensi perilaku menyontek pada siswa SMAN 12 Surabaya. Penelitian dilaksanakan pada siswa-siswi SMAN 12 Surabaya dengan jumlah subjek sebanyak 220 yang terdiri dari 105 siswa kelas X dan 115 siswa kelas XI. Alat pengumpul data berupa kuesioner yang berisi 30 butir pernyataan yang berdasarkan teori konformitas dari Baron & Byrne (2002) dan Sears (1994) dari Azmy (2013) serta 37 butir pernyataan yang berdasarkan teori intensi perilaku menyontek milik Hetherington dan Feldman (1964) dan Anderman dan Murdock (2007) yang dibuat secara mandiri oleh peneliti. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik regresi linear dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai F sebesar 11,362 dan signifikansi sebesar 0,001 yang berarti bahwa hasil dari penelitian ini signifikan. Prosentase besar pengaruh konfomitas terhadap intensi perilaku menyontek sebesar 5,7%. Persamaan garis regresi yang diperoleh yaitu Y = 61,248 + 0,465X. Hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan tingkat konformitas akan meningkatkan tingkat intensi perilaku menyontek seseorang.

Keyword :

Konformitas, intensi, perilaku menyontek, Siswa SMA,


References :

Anderman, E. M., Cupp, P. K., & Lane, D.,(2010) Impulsivity and Academic Cheating 55, 135-150. : The Journal of Experimental Education





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08
  1. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Social Coping Strategy Pada Mahasiswa Berbakat (gifted)
  2. Pengaruh Pemberian Permainan Tradisional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Di Surabaya
  3. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Dalam Pendidikan Karakter Di Smart Ekselensia Indonesia
  4. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Awal
  5. Pengaruh Psikoedukasi Penanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Terhadap Pengetahuan Guru Dan Sikap Guru Terhadap Inklusi Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Di Sekolah Inklusi
  6. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tutor Dengan School Engagement Pada Siswa Usia Remaja Awal Yang Mengikuti Pembelajaran Peer Tutoring
  7. Kekerasan Dalam Pacaran (dating Violence) Ditinjau Dari Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orangtua Pada Korban Remaja Madya
  8. Pengaruh Konformitas Terhadap Intensi Perilaku Menyontek Pada Siswa Sman 12 Surabaya
  9. Makna Hidup Pada Ibu Dengan Hiv/aids