UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08

Order : 2, and page :87 - 94

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh pemberian permainan tradisional terhadap penyesuaian sosial siswa slow learner di sekolah inklusi di surabaya

Author :

  1. Amalia Fadhilah Sri Purbowat*1
  2. Dewi Retno Suminar*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pemberian permainan tradisional terhadap penyesuaian sosial siswa slow learner yang berada di sekolah inklusi. Permainan tradisional merupakan permainan yang hanya dapat dimainkan secara berkelompok minimal 2 orang anak yang didapat secara turun temurun. Sedangkan penyesuaian sosial merupakan keberhasilan seseorang untk melakukan interaksi dengan dunia sosialnya, mampu menjalin interaksi dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen, dengan desain one-group-pre-test-post-test-desain. Pada desain eksperimen ini hanya diterapkan pada satu kelompok eksperimen tanpa ada kelompok pembanding (kelompok kontrol). Pemilihan subjek ini tidak menggunakan teknik random sampling melainkan menggunakan purposive sampling. Hal ini dipilih peneliti karena peneliti memiliki karakteristik subjek khusus yang memiliki ppopulasi secara terbatas. Subjek pada penelitian ini sebanyak 6 subjek dengan karakteristik siswa inklusi yang tergolongkan sebagai siswa slow learner. Instrument penelitian menggunakan skala penyesuaian sosial yang diadaptasi dari penelitian Sulkha (2013) yang terdiri dari 35 aitem. Aitem-aitem tersebut diturunkan dari teori yang dikemukakan oleh Schneider mengenai efektivitas penyesuaian sosial siswa di sekolah. Instrument ini memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,969 yang dihitung dengan Alpha Cronbach pada SPSS for Windows 16. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil mean sebesar 8,33 dengan standar deviasi sebesar 4,844. Analisis data selanjutnya menggunakan teknik statistic non parametric yakni Wilcoxon Signed RankTest, hingga diperoleh taraf signifikasi (2-tailed) sebesar 0,528. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh pemberian permainan tradisional terhadap penyesuaian sosial siswa slow learner di sekolah inklusi.

Keyword :

Permainan Tradisional, Slow Learner, Penyesuaian Sosial, Sekolah Inklus,


References :

Chauhan, MS. S. ,(2011) Slow Learners: Their Psychology and Educational Programmes. Vol.1 Issue 8, : Zenith: International Journal of multidisciplinary Research





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08
  1. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Social Coping Strategy Pada Mahasiswa Berbakat (gifted)
  2. Pengaruh Pemberian Permainan Tradisional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Di Surabaya
  3. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Dalam Pendidikan Karakter Di Smart Ekselensia Indonesia
  4. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Awal
  5. Pengaruh Psikoedukasi Penanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Terhadap Pengetahuan Guru Dan Sikap Guru Terhadap Inklusi Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Di Sekolah Inklusi
  6. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tutor Dengan School Engagement Pada Siswa Usia Remaja Awal Yang Mengikuti Pembelajaran Peer Tutoring
  7. Kekerasan Dalam Pacaran (dating Violence) Ditinjau Dari Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orangtua Pada Korban Remaja Madya
  8. Pengaruh Konformitas Terhadap Intensi Perilaku Menyontek Pada Siswa Sman 12 Surabaya
  9. Makna Hidup Pada Ibu Dengan Hiv/aids