UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kajian Media dan Komunikasi

ISSN -

Vol. 2 / No. 1 / Published : 2019-11

Order : 3, and page :14 - 19

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Management strategy of titik nol program and siraman rohani (siroh) on rctv jombang

Author :

  1. Esti Gumelar*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini berfokus pada strategi manajemen program yang dilakukan televisi lokal RCTV (Ringin Contong Televisi) Jombang. RCTV menjadi satu- satunya televisi lokal yang ada di Kabupaten Jombang, dengan kemunculannya yang terbilang baru, maka eksistensinya belum banyak diketahui. Oleh karenanya, penelitian ini mengkaji strategi programming serta keterkaitannya dengan strategi menarik audien dan promosi yang dilakukan RCTV khususnya pada program talk show “Titik Nol” dan program religi “Siraman Rohani (SIROH)”. Dua program itu dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa, program Titik Nol maupun SIROH disebut menjadi representasi program lokal yang diproduksi RCTV, sehingga menarik untuk dikaji lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui in-depth interview kepada informan penelitian yaitu pengelola stasiun televisi RCTV. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya persoalan dalam strategi  manajemen program Titik Nol maupun SIROH, khususnya untuk menjangkau audien. Meskipun pengaturan jadwal siaran dan analisis persaingan program telah dilakukan, namun kualitas program Titik Nol dan SIROH masih membutuhkan perbaikan. Keputusan dalam melakukan segmentasi, targeting, dan positioning, juga belum didasarkan pada riset yang sistematis. Pada aktivitas promosi, Titik Nol yang dianggap mewakili lokalitas budaya keseharian (dialog melibatkan komunitas unik) dan SIROH yang dianggap merepresentasikan religiusitas masyarakat Jombang (dominasi konten Nahdlatul Ulama), ternyata belum mendapatkan rating yang memuaskan.

Keyword :

strategi, manajemen program, televisi lokal,


References :

BPOM, RI,(2004) Ketentuan Pokok Pengelompokan dan Penandaan Obat Bahan Alam Indonesia Jakarta : Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia

Giddens, A.,(2001) Sociology, (4th ed.) Cambridge : Blackwell

Krisanti, Diana,(2011) Herbal Medicine for Obecity Bandung : Maranatha Christian University

Tosin, R. dan Meiwanto, C.,(2001) Internet, serba serbi pendidikan dan riset Jakarta : Dinastindo





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2019-01
  1. Admission Of Women’s Audience To Men’s Identity In The Film Dunia Terbalik
  2. Articulation Of Virtual Role-player Identity With K-pop Idol Via Twitter Characters
  3. Management Strategy Of Titik Nol Program And Siraman Rohani (siroh) On Rctv Jombang
  4. Social Media Activism By Komunitas Arek Tuli (kartu) Surabaya
  5. Supporter Identity In Virtual Communication : Case Study On Facebook Group Aremania Vs Bonek