UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 1 / No. 1 / Published : 2013-01

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Evaluasi kebijakan perpolisian masyarakat (polmas) (studi deskriptif: diseminasi kebijakan polmas terhadap petugas pelaksana polmas di kepolisian sektor jajaran kepolisian resort kota besar surabaya)

Author :

  1. Arif Alfan Haji*1
  2. Drs. Roestoto Hartojo Putro, SU*2
  1. Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UNAIR Surabaya
  2. Dosen Pembimbing Skripsi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNAIR Surabaya

Abstract :

Polmas (Community Policing) is developed by democrat society to solve the security problem. Stressing the principle of the honor of human right and equality. Philosopically Polri arranges it in Skep Kap 737 th 2005 and technically it is arranged in Perkap 7 th 2008. Technically, dissemination is arranged in Skep Kap 431 th 2006. The dissemination of Polmas policy for the Polmas officers in Polsek under Polrestabes Surabaya is FGD by Polrestabes Surabaya, the education for Police Non-Commissioned Officer Candidates (Calon Bintara), Polmas training of Polda Jatim for the participants recommendated by Polres/Polrestabes, and  Polmas and human right training initiated by Pusham Unair collaborated by Polda Jatim. The succed of the dissemination is seen from the material delivery process (include the way of implementation, executive agen, target group and the advantages of the plan), the clarity of the matery, and the consistency or the sustainability. From those four form, no one meets Polmas’ regulation so that many problems accure as the impact. The FGD of Polrestabes Surabaya only practices the multi stakeholder spirit and left the others elements. The education for Police NCO Candidates does not give the clarity of matery. In the Polmas training of Polda Jatim for the participants recommendated by Polres/Polrestabes, executive agent/trainer are only able to explain Polmas technically, not sociologically and philosophically. Polmas and human right training by Pusham Unair by changing the object by District Police Officer (Kapolsek) occurs the new problem which is they no longer will be mutated.

Keyword :

Polmas, community policing, FKPM, dissemination.,


References :

Bungin, Burhan,(2003) Analisis Data Penelitian Kualitatif Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Hadi, Samsul, Mohamad Lamsuri, dan Mutrofin,(2011) Metode Riset Evaluasi Yogyakarta : Lakbang Grafika





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 1 / No. : 1 / Pub. : 2013-01
  1. Responsivitas Pdam Kabupaten Lamongan Dalam Menangani Keluhan Pelanggan
  2. Kinerja Organisasi Uptd Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung Kota Surabaya
  3. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pemberdayaan Perempuan Desa Joho Di Lereng Gunung Wilis
  4. Pengaruh Simplifikasi Prosedur Pelayanan Pelanggan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pelayanan Perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (sim) Di Sim Corner Kota Surabaya
  5. Faktor-faktor Determinan Yang Mempengaruhi Implementasi Program Jaminan Kesehatan Bali Mandara Di Rsud Wangaya Denpasar
  6. Sikap Dan Peran Pemerintah Kota Surabaya Terhadap Perbaikan Daerah Kumuh Di Kelurahan Tanah Kalikedinding Kota Surabaya
  7. Akuntabilitas Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dalam Pengelolaan Aset
  8. Intensifikasi Pemunggutan Pajak Hotel Ditinjau Dari Potensi Kota Batu Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah
  9. Implementasi Kebijakan Restrukturisasi Pengelolaan Pelabuhan (studi Kasus Di Pt. (persero) Pelabuhan Indonesia Iii Cabang Tanjung Perak Surabaya)
  10. Inovasi Pelayanan Publik Uptd Terminal Purabaya-bungurasih
  11. Inovasi Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Jagir Kota Surabaya
  12. Hubungan Dialogis Tim Pembina Pedagang Kaki Lima Dalam Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima Alun-alun Sidoarjo
  13. Peran Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kota Surabaya Dalam Menangani Masalah Yang Ditimbulkan Oleh Outsourcing
  14. Studi Deskriptif Tentang “learning Transfer” Bagi Alumni Peserta Pendidikan Dan Pelatihan Pelayanan Publik Oleh Badan Pendidikan Dan Pelatihan Jawa Timur Di Badan Koordinasi Wilayah Malang
  15. Studi Tentang Implementasi Program Sanitasi Total Dan Pemasaran Sanitasi (stops) Dalam Perspektif Deliberatif Di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang
  16. Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (umkm) Krupuk Ikan Dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo
  17. Kapabilitas Inovasi Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Dalam Program Pertanian Terpadu Guna Mewujudkan Ketahanan Pangan
  18. Evaluasi Kebijakan Sidoarjo Kota Ramah Anak Di Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo
  19. Implementasi Corporate Social Responsibility Di Pt. Pembangkit Jawa Bali Unit Pembangkit Gresik
  20. Keefektifan Pelaksanaan Mekanisme Komplain Dalam Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya
  21. Kualitas Pelayanan Kesehatan Penerima Jamkesmas Di Rsud Ibnu Sina Gresik
  22. Evaluasi Kebijakan Perpolisian Masyarakat (polmas) (studi Deskriptif: Diseminasi Kebijakan Polmas Terhadap Petugas Pelaksana Polmas Di Kepolisian Sektor Jajaran Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya)
  23. Studi Eksplanatif Tentang Pengaruh Pengembangan Kapasitas Usaha Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Pengusaha Di Sentra Industri Kecil Alas Kaki Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo
  24. Transparansi, Partisipasi, Dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Dana Bos Dalam Program Rkas Di Sdn Pacarkeling Viii Surabaya
  25. Hubungan Antara Pengendalian Internal Dengan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur
  26. Inovasi Pelayanan Publik: Studi Deskriptif Tentang Nilai Tambah (value Added) Inovasi Pelayanan Perizinan Bagi Masyarakat Di Kota Kediri