UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2015-03

Order : 14, and page :131 - 137

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kualitas pelayanan kesehatan (studi deskriptif tentang kualitas pelayanan kesehatan pada pasien usia lanjut di poli lansia puskesmas gurah, kabupaten kediri)

Author :

  1. Ali Syahid*1
  2. Drs. Roestoto Hartojo Putro, SU*2
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  2. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

The purpose of this research is to illustrate how the quality of health services for the elderly patients in the elderly polyclinic, Gurah Public Health Center, Kediri. To know how the quality of health services for the patients elderly in the elderly polyclinic, Gurah Public Health Center, researchers used five aspects of improving service quality is the tangibles (tangibel), realibility (realibility), responsivenes (responsiveness), assurance (assurance) and emphaty (empathy). this research used the qualitative method with descriptive research type, location of this study in the elderly polyclinic, Gurah Public Health Center, Kediri. The technique used is the determination of purposive sampling informant who subsequently developed with snowball. Data was collection through observation, in-depth interviews and documentation .Then analyze of data using the data reduction, presentation of data and then inferences of a conclusion or verification. The conclusion in this research is that the quality of health service elderly patients in the elderly polyclinic, Gurah Public Health Center, Kediri having the quality of health services are already good, seen from the ability of workers and responsiveness of the officers in handling complaints the elderly patients, as well the skills that owned medical worker and officers had also good according to elderly patients. Advice of this research is there should have been the addition of the facilities and infrastructures physical facilities in the waiting room , the addition of the tools such as computerization and there should have been the addition of officers in the counter.

Keyword :

Servvice, Service Quality, High Service, Elderly,


References :

Creswell, John W,(2013) RESEARCH DESIGN Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition 9 : Pustaka Pelajar

Dr. Riduwan,(2013) Metode dan teknik menyusun tesis. 6 : Metode dan teknik menyusun tesis.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2015-03
  1. Kebijakan Dan Manajemen Pstudi Evaluatif Tentang Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Implementasi Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 7 Tahun 2002 Tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (rth) Khususnya Pertamanan Di Kota Surabayaublik
  2. Efektivitas Pengawasan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Oleh Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo Sebagai Upaya Mewujudkan Budaya K3
  3. Studi Deskriptif Tentang Strategi Uptsa Kota Surabaya Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Adminstrasi Perizinan Surabaya Single Window
  4. Keefektifan Penanganan Keluhan (complaint Handling) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya
  5. Studi Eksploratif Tentang Faktor Penentu Keberhasilan Implementasi Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo
  6. Studi Deskriptif Tentang Efektifitas Pengawasan Perizinan Reklame Di Kota Surabaya
  7. Studi Deskriptif Tentang Dampak Pertumbuhan Sistem Revolving Fund Program Bank Sampah Bintang Mangrove Pada Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berbasis Sumberdaya Lokal Mangrove (studi Pada Bank Sampah Bintang Mangrove Di Kelurahan Gununganyar Tambak Kota Surabaya)
  8. Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (studi Deskriptif Tentang Strategi Uptd Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor)
  9. Studi Deskriptif Tentang Proses Institusionalisasi Dalam Kebijakan Pemekaran Wilayah Kelurahan Kapas Madya Baru Kecamatan Tambaksari Surabaya
  10. Studi Eksplorasi Tentang Variabel Pendukung Keberhasilam Aplikasi Sistem E-musrenbang Di Bappeko Surabaya
  11. Faktor Faktor Yang Menghambat Impementasi Penggunaan Perangkat Lunak Berbasis Open Source Di Pemerintah Kota Surabaya
  12. Kualitas Pelayanan Kesehatan (studi Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Usia Lanjut Di Poli Lansia Puskesmas Gurah, Kabupaten Kediri)
  13. Kualitas Pelayanan Pertanahan (studi Tentang Aspek-aspek Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo)
  14. Implementasi Kebijakan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (strategi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pelaksanaan Desa Model Di Kelurahan Mondokan Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban)
  15. Studi Deskriptif Tentang Dampak Inovasi Program Pelayanan Administrasi Bagi Masyarakat Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep
  16. Inovasi Pelayanan Publik (studi Deskriptif Tentang Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (siup) Di Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Kabupaten Lamongan)
  17. Studi Deskriptif Tentang Model Resolusi Konflik Dalam Rencana Pembangunan Jalan Tol Tengah Kota Surabaya
  18. Peningkatan Kualitas Pelayanan Masyarakat Melalui Kebijakan Pemekaran Kecamatan Di Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo
  19. Pengawasan Penyelenggaraan Perparkiran Di Kota Surabaya
  20. Co-creating Innovation (studi Deskriptif Proses Co-creating Inovasi Di Upt Pelayanan Perizinan Terpadu (p2t) Jawa Timur)
  21. Implementasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (ipal) Domestik Komunal: Model Tata Kelola Lingkungan Deliberatif Dalam Good Environmental Governance Di Kota Blitar
  22. Keefektifan Program Paket Perizinan Online Dalam Meningkatkan Pelayanan Perizinan Investasi Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (bppt) Kabupaten Sidoarjo
  23. Studi Deskriptif Tentang Nilai Kemanfaatan Program Internet Application System Bagi Pemohon Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya
  24. Strategi Kebijakan Kota Surabaya Dalam Menangani Anak Putus Sekolah
  25. Efektivitas Kebijakan Parkir Berlangganan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Lamongan
  26. Studi Deskriptif Tentang Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Kebijakan Parkir Berlangganan Di Kabupaten Sidoarjo
  27. Pelaksanaan Pengalihan Pajak Bumi Dan Bangunan (pbb) Di Kota Surabaya (studi Deskriptif Tentang Keefektifan Pelayanan Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan (pbb) Setelah Dialihkan Dari Pajak Pusat Menjadi Pajak Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (pad) Kota Surabaya)
  28. Studi Deskriptif Tentang Kinerja Rumah Sakit Angkatan Laut (rsal) Dr. Ramelan Surabaya
  29. Dampak Pemberdayaan Pengrajin Batik Oleh Diskoperindag Dan Esdm Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Umkm Batik Jetis Sidoarjo
  30. Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Partisipatif