Komunitas
ISSN 2303-1166
Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-01
Order : 22, and page :1 - 10
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pelanggaran lalu lintas oleh remaja pengguna sepeda motor
Author :
- Sandido Prinka Sadewa*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAKKecelakaan lalu lintas bisa disebabkan oleh ketidaktaatan pengguna kendaraan bermotor dalam mematuhi aturan berlalu lintas. Seperti halnya di kota-kota besar, khususnya di Kota Surabaya, yang sering ditemui banyaknya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan, terutama oleh pelajar. Tujuan dari peenelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui remaja pernah mengalami kecelakaan yang disebabkan karena siswa melakukan pelanggaran lalu lintas, 2) Untuk mengetahui intensitas pelanggaran lalu lintas yang dilakukan remaja, 3) Untuk mengetahui pengetahuan remaja pengguna sepeda motor tentang tata trtib berlalu lintas, 4) Untuk mengetahui sikap remaja pengguna sepeda motor terhadap pelanggaran lalu lintas di jalan raya.Teori kontrol sosial dipergunakan dalam penelitian ini, karena pelanggaran lalu lintas oleh remaja pengguna sepeda motor terjadi karena remaja pengguna sepeda motor lepas kontrol atau kurang dalam pengendalian sosialnya. Teori ini dibangun atas dasar pandangan bahwa setiap manusia cenderung tidak patuh pada hukum atau memiliki dorongan untuk melakukan pelanggaran-pelanggaran hukum. Oleh sebab itu para ahli teori kontrol menilai perilaku mentyimpang adalah konsekuensi logis dari kegagalan seseorang untuk menaati hukum.Penelitian tentang pelanggaran lalu lintas oleh remaja pengguna sepeda motor ini menggunakan teori kontrol sosial dari Hirschi sebagai teori utama dan teori sosialisasi Peter L. Berger sebagai teori pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa deskriptif dari survei yang dilakukan peneliti. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1 Surabaya yang berjumlah 294 siswa dan SMA Negeri 1 Surabaya yang berjumla 662 siswa. Adapaun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan cross-sectional, yakni pengumpulan data yang dilakukan sebanyak satu kali saja. Data akan dikumpulkan dengan cara survey yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada respodenDari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa remaja pernah mengalami kecelakaan yang disebabkan karena siswa melakukan pelanggaran lalu lintas. Berdasar penelitian dapat disimpulan sebagian besar siswa (54,17%) sering melanggar lalu lintas, serta posisi berikutnya (23,33%) selalu melanggar lalu lintas. Pengetahuan remaja pengguna sepeda motor tentang tata tertib berlalulintas adalah sebagian besar siswa (57,50%) memiliki skor pengetahuan tentang lalu lintas baik, serta (28,33%) memiliki skor pengetahuan sangat baik. Sikap remaja pengguna sepeda motor pada pelanggaran lalu lintas di jalan raya adalah sebagian besar siswa (37,50%) memiliki skor sikap pada pelanggaran lalu lintas tinggi, serta (20,83%) memiliki skor sikap melanggar sangat tinggi. Walau remaja memiliki tingkat pengetahuan tinggi, tapi sikap mereka untuk melanggar juga tinggi karena remaja memiliki kecenderungan untuk melanggar peraturan.
Keyword :
Pelanggaran Lalu Lintas, remaja, Pengguna Sepeda Motor,
References :
Arikunto, Suharsimi,(2009) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan 1 : Jakarta:Bumi Aksara
Berger, Peter L. Thomas Luckmann,(1990) Tafsir sosial atas kenyataan 1 : Jakarta : LP3ES
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-01 |
|