UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 8 / No. 3 / Published : 2019-01

Order : 7, and page :1 - 14

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Penggemar budaya k-pop (studi mengenai ideologi penggemar budaya k-pop pada fandom ikonic di kota surabaya)

Author :

  1. Sabila Zahra*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya minat para remaja terhadap musik dan budaya k-pop. Idol grup k-pop pun seringkali hadir di Indonesia untuk menggelar konser, salah satunya boygrup iKON yang pada tahun lalu menjadi guest star di acara Closing Ceremony Asian Games (CCAG) dan dalam kesempatan tersebut membuat banyak penggemar baru yang menyukai k-pop melalui iKON. Dari latar belakang tersebut fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk ideologi dari penggemar budaya k-pop khususnya pada fandom iKONIC di Surabaya.             Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan untuk menganalisa penelitian ini, peneliti menggunakan konsep ideologi dari teori Cultural Studies John Storey. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive, yaitu pemilihan informan yang dilakukan secara sengaja dengan memperhatikan karakteristik-karakteristik yang relevan dengan permasalahan penelitian.             Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ideologi yang terbentuk dalam fandom iKONIC ditunjukkan dengan adanya berbagai rutinitas kegiatan fangirling baik secara individu maupun kelompok. Kegiatan fangirling secara individu dilakukan oleh informan seperti mengupdate informasi mengenai idola nya (iKON) di berbagai media sosial yang mereka miliki; mendengarkan musik k-pop; selalu memberikan dukungan kepada idolanya dalam bentuk melakukan streaming khususnya di situs media Korea, memberikan donasi dan mendukung seluruh kegiatan idolanya. Sedangkan kegiatan fangirling yang dilakukan informan secara berkelompok adalah dengan menghadiri event bersama teman-teman iKONIC, melakukan konser mini dan menonton video iKON bersama (2) Dari ideologi tersebut juga terlihat aktivitas konsumsi dari informan yang menunjukkan bahwa mereka semakin konsumtif serta cenderung ingin mengoleksi merchandise kpop, terutama pada produk iKON.

Keyword :

aktivitas konsumsi, budaya populer, fandom, ideologi penggemar, cultural studies,


References :

Suyanto. Bagong,(2013) Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme Dan Konsumsi Di Era Masyarakat Post-Modernisme. 1 : Jakarta; Kencana





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 8 / No. : 3 / Pub. : 2019-01
  1. Strategi Waria Mencari Nafkah Di Kota Surabaya Muhammad Ramadhan Junior Rakasiwi
  2. Pemaknaan Orang Madura Terhadap Stigma Yang Diberikan Oleh Masyarakat Etnis Lain
  3. Hubungan Penerapan Budaya Perusahaan Dengan Kinerja Karyawan Produksi Sektor Industri Manufaktur Di Pt Sai Mojokerto
  4. “life Story Dan Pengalaman Sosial” (studi Fenomenologi Keluarga Yang Menyewakan Sebagian Tempat Tinggalnya Di Wisata Sarangan)
  5. Remaja Dalam Perjudian Burung Merpati Balap Di Perkampungan Surabaya
  6. Mekanisme Bertahan Hidup Penambang Belerang Di Gunung Welirang
  7. Penggemar Budaya K-pop (studi Mengenai Ideologi Penggemar Budaya K-pop Pada Fandom Ikonic Di Kota Surabaya)
  8. Pementasan Jathilan Antara Subsistensi Dan Komodifikasi
  9. Strategi Pkl Dalam Penggunaan Ruang Publik Sebagai Tempat Berjualan (studi Kualitatif Mengenai Pedagang Kaki Lima Di Jalan – Kalijudan Surabaya)
  10. Ketergantungan Petani Terhadap Tengkulak Sebagai Patron Dalam Kegiatan Proses Produksi Pertanian (studi Di Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri)