UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01

Order : 19, and page :37 - 38

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Efektivitas pendidikan pengguna (user education) perpustakaan pada kalangan mahasiswa baru universitas airlangga angkatan 2016/2017

Author :

  1. VANESIA AURORA*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Mahasiswa baru merupakan mahasiswa tahun pertama yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi sehingga membutuhkan adanya penyesuaian untuk mengenal lingkungan mereka yang baru, termasuk salah satunya adalah mengenal perpustakaan. Kesulitan yang dialami mahasiswa baru dalam menggunakan perpustakaan biasanya ditandai dengan munculnya keraguan/kecemasan saat berada di perpustakaan, disebabkan oleh mahasiswa baru yang tidak mengenal perpustakaan dan kurangnya kemampuan dalam memanfaatkan perpustakaan, sehingga dibutuhkan adanya program dari perpustakaan perguruan tinggi untuk mengenalkan perpustakaan kepada mahasiswa baru yaitu dapat dengan program pendidikan pengguna. Dengan permasalahan mahasiswa baru diataslah yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui efektivitas pendidikan pengguna dan faktor-faktor yang dapat meningkatkan efektivitas program tersebut. Peneliti menggunakan teori Kirkpatrick untuk mengetahui efektivitas pendidikan pengguna dan hasil penelitian Abah, Chorun, dan Mbatsoron untuk mengetahui faktor yang dapat meningkatkan efektivitas pendidikan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan lokasi penelitian ini di Universitas Airlangga. Metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga tergolong dalam kategori tinggi atau dapat dikatakan bahwa program berjalan efektif. Reaction, memperoleh hasil total rata-rata 3,69, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru menerima dengan baik program; Learning, memperoleh hasil total rata-rata 3,88, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru dapat memahami apa saja yang telah diberikan saat program dan mengubah sikap mereka sebagai hasil menghadiri program; Behavior, memperoleh hasil total rata-rata 3,42, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru telah cukup menerapkan apa-apa saja yang mereka pelajari sebagai hasil menghadiri program; Results, memperoleh hasil total rata-rata 3,42, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru telah cukup memperoleh hasil akhir yang baik dari mengikuti program. Untuk faktor-faktor pendukung disini yaitu alokasi waktu, kesadaran peserta, dan minat peserta, menunjukkan bahwa ketiganya memiliki hubungan dengan efektivitas program, sehingga dikatakan dapat meningkatkan efektivitas pendidikan pengguna perpustakaan.

Keyword :

efektivitas pendidikan pengguna, user education, program perpustakaan, perpustakaan,


References :

Ika Wulandari,(2012) Perilaku Library Anxiety pada Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Airlangga - : FISIP

Richard M. Steers,(1975) Problem in the Measurement of Organizational Effectiveness - : -





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-01
  1. Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Perilaku Plagiarisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga
  2. Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Imm Umsida Sidoarjo Dalam Menemukan Sumber Informasi Ilmiah
  3. Efektifitas Penggunaan Software Open Source (slims) Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Malang
  4. Peranan Modal Sosial Remaja Net Generation Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Melalui Media Sosial
  5. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Jual Beli Online Di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Surabaya Melalui Instagram
  6. Pemanfaatan Internet Dikalangan Pengunjung Cafe Starbuck
  7. Adaptasi Sosial Mahasiswa Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Di Lingkungan Kampus-fisip Universitas Airlangga
  8. Penggunaan Media Permainan Sebagai Upaya Membangun Literasi Dini
  9. Perilaku Penemuan Informasi Pada Komunitas K-pop “ever Lasting Friends (elf)” Surabaya
  10. Perilaku Penemuan Informasi (information Seeking Behavior) Mahasiswa
  11. Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kinerja Pustakawan Dalam Pelayanan Pengguna Di Perpustakaan Khusus
  12. Hubungan Perilaku Menonton Film Adaptasi Dan Membaca Novel Adaptasi
  13. Internet Plagiarism Di Kalangan Mahasiswa
  14. Evaluasi Sistem Otomasi I-sekolah Oleh Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Surabaya
  15. Hubungan Self Efficacy Dengan Perilaku Penemuan Informasi
  16. Peran Guru Slb Negeri Gedangan Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Disabilitas
  17. Self Concept Dan Self Efficacy Di Kelompok Pengelola Arsip Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (lkpt)
  18. Hubungan Tipe Kepribadian Terhadap Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Universitas Airlangga
  19. Efektivitas Pendidikan Pengguna (user Education) Perpustakaan Pada Kalangan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Angkatan 2016/2017
  20. Perilaku Penemuan Informasi Tentang Pendidikan Dasar Di Kalangan Orang Tua
  21. Analisis 8 Karakteristik Peran Pustakawan Dalam Perspektif Pemustaka (siswa) Di Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta