UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01

Order : 8, and page :15 - 16

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Penggunaan media permainan sebagai upaya membangun literasi dini

Author :

  1. Maulana Dimas Sutrisno*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Pendidikan literasi khususnya kepada anak usia dini menjadi aspek yang perludikembangkan untuk membentuk kemampuan awal dalam membaca dan menulis. Metodependidikan literasi dini pada anak usia dini diterapkan dengan menggunakan berbagai macamcara dimana salah satunya dengan menggunakan media sebagai perantara untukmempermudahkan proses pembelajaran. Diketahui seko lah-seko lah khusus anak usia din iatau dikenal dengan Taman Kanak-kanak menggunakan media permainan padapembelajarannya, dimana pendidikan literasi dini jug a masuk sebagai pembelajaran padaanak TK. Mayoritas anak-anak lebih tertarik menggunakan media permainan ketika sedangbelajar. Fenomena tersebut lah yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui apakah media permainan dapat membangun literasi dini pada anak usia d in i. Penelit i menggunakan konsep Jean Piaget untuk menggambarkan proses pembelajaran pada anak usia dini dimanaanak belajar menggunakan dan merepresentasikan objek dengan gambaran dan kata-kata,dalam hal ini pembelajaran dapat dengan mudah dilakukan jika menggunakan mediapermainan, serta media tersebut dapat meningkatkan kemampuan-kemampuan dalam literasianak usia dini. Penelit ian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, lokasi penelitianyaitu di TK Kota Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan multistage randomsampling dengan jumlah sample sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkanhampir semua media permainan yang terdapat di sekolah digunakan dalam pembelajaranliterasi dini. Seperti media puzzle, boneka tangan, block logic dan masih banyak lagi. Mediapermainan tersebut membangun komponen pada literasi dini dimana salah satu media yaitupapan flannel mendukung print motivation, vocabulary, phonological awareness, narrativeskill,dan letter knowledge. 

Keyword :

Media permainan, literasi dini, pendidikan anak usia dini,


References :

Fardana N, Nur Ainy,(2012) Laporan Hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi : Pengembangan Model Parental Involvement sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Literasi pada Anak Usia 4-6 Tahun di Wilayah Pedesaan Kabupaten Gresik. - : Universitas Airlangga

Wiratna, T, Jenni IS Poerwanti, & Samidi,(2013) Penggunaa Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan BASA KRAMA ALUS. - : Universitas Sebelas Maret





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-01
  1. Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Perilaku Plagiarisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga
  2. Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Imm Umsida Sidoarjo Dalam Menemukan Sumber Informasi Ilmiah
  3. Efektifitas Penggunaan Software Open Source (slims) Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Malang
  4. Peranan Modal Sosial Remaja Net Generation Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Melalui Media Sosial
  5. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Jual Beli Online Di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Surabaya Melalui Instagram
  6. Pemanfaatan Internet Dikalangan Pengunjung Cafe Starbuck
  7. Adaptasi Sosial Mahasiswa Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Di Lingkungan Kampus-fisip Universitas Airlangga
  8. Penggunaan Media Permainan Sebagai Upaya Membangun Literasi Dini
  9. Perilaku Penemuan Informasi Pada Komunitas K-pop “ever Lasting Friends (elf)” Surabaya
  10. Perilaku Penemuan Informasi (information Seeking Behavior) Mahasiswa
  11. Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kinerja Pustakawan Dalam Pelayanan Pengguna Di Perpustakaan Khusus
  12. Hubungan Perilaku Menonton Film Adaptasi Dan Membaca Novel Adaptasi
  13. Internet Plagiarism Di Kalangan Mahasiswa
  14. Evaluasi Sistem Otomasi I-sekolah Oleh Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Surabaya
  15. Hubungan Self Efficacy Dengan Perilaku Penemuan Informasi
  16. Peran Guru Slb Negeri Gedangan Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Disabilitas
  17. Self Concept Dan Self Efficacy Di Kelompok Pengelola Arsip Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (lkpt)
  18. Hubungan Tipe Kepribadian Terhadap Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Universitas Airlangga
  19. Efektivitas Pendidikan Pengguna (user Education) Perpustakaan Pada Kalangan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Angkatan 2016/2017
  20. Perilaku Penemuan Informasi Tentang Pendidikan Dasar Di Kalangan Orang Tua
  21. Analisis 8 Karakteristik Peran Pustakawan Dalam Perspektif Pemustaka (siswa) Di Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta