UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 3 / Published : 2017-03

Order : 35, and page :69 - 70

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Persepsi pengguna pada layanan arsip statis di arsip universitas gadjah mada

Author :

  1. Erna Sari*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Keberadaan unit kearsipan di perguruan tinggi menjadi hal penting sebagai pusat informasi perguruan tinggi. Arsip perguruan tinggi dibentuk untuk menyelamatkan arsip penting yang berkaitan dengan fungsi perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Tugas utama Arsip perguruan tinggi adalah mengelola arsip – arsip perguruan tinggi baik arsip dinamis maupun statis dan memberikan layanan arsip kepada pengguna yang membutuhkan arsip. Layanan arsip bertugas memberikan layanan berupa informasi atau jasa lainnya kepada pengguna yang memerlukan data arsip yang dimiliki oleh lembaga kearsipan seperti unit kearsipan perguruan tinggi. Keberhasilan sebuah lembaga kearsipan selain ditentukan dari pengelolaan arsip yang baik, yaitu layanan yang diberikan kepada pengguna yang diukur dari tingkat kepuasan penilaian pengguna dalam menggunakan dan memanfaatkan layanan yang ditawarkan berdasarkan pada petugas layanan dan fasilitas layanan yang ditawarkan.  Penelitian ini dilakukan di Arsip UGM menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan pengambilan data melalui kuesioner dan dperkuat dengan wawancara. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 40 pengguna. teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Accidental sampling yaitu siapa saja yang berkunjung di Arsip UGM yang berpeluang menjadi responden. Hasil dari penelitian menunjukkan persepsi pengguna atas layanan arsip statis ditinjau dari segi petugas dan fasilitas layanan secara keseluruhan adalah Baik.

Keyword :

Persepsi Pengguna, Layanan Arsip Statis, Petugas Layanan, Fasilitas,


References :

Putri, Iagza LAsita,(2014) Analisa Kesesuaian Harapan dan Persepsi Pengguna (Mahasiswa Sejarah) Mengenai Kualitas Layanan Arsip Berdasarkan Lima (5) Dimensi Kualitas Jasa (Servqual) di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur - : -

Sumrahyadi,(2009) Kelembagaan yang proporsional, efisien dan efektif untuk mendukung reformasi birokrasi dalam mewujudkan good governance. - : ANRI





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 3 / Pub. : 2017-03
  1. Motivasi Keikutsertaan Anggota Dalam Komunitas Buku Berkaki
  2. Literasi Media Di Kalangan Remaja Kota Dalam Penggunaan Media Sosial
  3. Perilaku Penemuan Informasi Pada Penderita Parkinson
  4. Sikap Dosen Universitas Airlangga Terhadap Koleksi, Layanan, Dan Fasilitas Perpustakaan Universitas Airlangga
  5. Analisis Akses Jurnal Elektronik Perpustakaan Universitas Airlangga Bagi Mahasiswa Universitas Airlangga
  6. Persepsi Pengguna Terhadap Kondisi Arsip Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
  7. Pengaruh Knowledge Sharing Enablers Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Semen Indonesia (persero) Tbk.
  8. Perilaku Penemuan Informasi Pada Guru Reguler Smp Inklusi Negeri Di Surabaya
  9. Analisis Penyebab Customers Switching Behavior Pada Pengguna Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya
  10. Kemelekan Dan Partisipasi Mahasiswa Terhadap Aktivitas Kampus Universitas Airlangga
  11. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya
  12. Keterpakaian Koleksi Di Perpustakaan C2o Surabaya
  13. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Tk Di Kecamatan Pulung
  14. Motivasi Pemanfaatan Perpustakaan Smp Al – Hikmah Surabaya Oleh Siswa/siswi Smp Al – Hikmah Surabaya
  15. Persepsi Pengguna Terhadap Berbagai Layanan Di Perpustakaan Badan Arsip Dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah
  16. Persepsi Pengguna Pada Layanan Arsip Statis Di Arsip Universitas Gadjah Mada
  17. Perilaku Penemuan Informasi Tentang Fashion Di Kalangan Remaja Putri Surabaya