UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 3 / Published : 2017-03

Order : 34, and page :67 - 68

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Persepsi pengguna terhadap berbagai layanan di perpustakaan badan arsip dan perpustakaan daerah provinsi jawa tengah

Author :

  1. Ajeng Fauqiyyatul Alfani*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Pada era perkembangan saat ini, masyarakat kini mulai berkembang dalam berbagai aspek salah satunya adalah pada aspek informasi. Adanya perkembangan informasi inilah penyedia layanan termasuk perpustakaan mulai lebih meningkatkan kualitas layanan mereka dengan betuk semakin beragamnya jenis layanan-layanan di perpustakaan. Akan tetapi pengguna perpustakaan memiliki kriteria-kriteria penilaian maupun persepsi yang berbeda-beda pada setiap layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Berdasarkan dari berbagai perbedaan persepsi pada kualitas layanan inilah maka dilakukan pengukuran tentang kualitas berbagai layanan di perpustakaan Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan teori Gronroos yaitu dimensi kualitas layanan dengan tujuan untuk melakukan pengukuran kualitas layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik penggambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, hasil yang didapatkan berupa persepsi pengguna terhadap kualitas layanan sirkulasi (dewasa/umum dan remaja) menunjukkan bahwa dari keseluruhan pengukuran kualitas dapat dilihat layanan sirkulasi umum/dewasa lebih unggul daripada layanan sirkulasi remaja. Kemudian kualitas koleksi pada layanan referensi memiliki nilai yang cukup baik daripada kualitas koleksi pada layanan terbitan berkala dan layanan deposit. Selain itu juga terdapat keterkaitan antara karakteristik pengguna layanan dengan penilaian persepsi pengguna.

Keyword :

Persepsi Pengguna, Kualitas Pelayanan, Teori Gronroos,


References :

Pratiwi,Monika,(2013) Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. - : Unnes

Suyanto, BAgong dan Sutinah,(2011) Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan, Edisi Revisi Cetakan ke 6 - : Kencana





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 3 / Pub. : 2017-03
  1. Motivasi Keikutsertaan Anggota Dalam Komunitas Buku Berkaki
  2. Literasi Media Di Kalangan Remaja Kota Dalam Penggunaan Media Sosial
  3. Perilaku Penemuan Informasi Pada Penderita Parkinson
  4. Sikap Dosen Universitas Airlangga Terhadap Koleksi, Layanan, Dan Fasilitas Perpustakaan Universitas Airlangga
  5. Analisis Akses Jurnal Elektronik Perpustakaan Universitas Airlangga Bagi Mahasiswa Universitas Airlangga
  6. Persepsi Pengguna Terhadap Kondisi Arsip Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
  7. Pengaruh Knowledge Sharing Enablers Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Semen Indonesia (persero) Tbk.
  8. Perilaku Penemuan Informasi Pada Guru Reguler Smp Inklusi Negeri Di Surabaya
  9. Analisis Penyebab Customers Switching Behavior Pada Pengguna Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya
  10. Kemelekan Dan Partisipasi Mahasiswa Terhadap Aktivitas Kampus Universitas Airlangga
  11. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya
  12. Keterpakaian Koleksi Di Perpustakaan C2o Surabaya
  13. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Tk Di Kecamatan Pulung
  14. Motivasi Pemanfaatan Perpustakaan Smp Al – Hikmah Surabaya Oleh Siswa/siswi Smp Al – Hikmah Surabaya
  15. Persepsi Pengguna Terhadap Berbagai Layanan Di Perpustakaan Badan Arsip Dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah
  16. Persepsi Pengguna Pada Layanan Arsip Statis Di Arsip Universitas Gadjah Mada
  17. Perilaku Penemuan Informasi Tentang Fashion Di Kalangan Remaja Putri Surabaya