ISSN
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-01
Order : 13, and page :148 - 168
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Analisis wacana partisipasi politik pada petisi “tolak ruu pilkada” dan petisi “tolak revisi ruu md3” dalam website www.change.org
Author :
- Fajrin Marhaendra Bakti *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada reproduksi partisipasi politik pada website www.change.org, dengan mengeskplorasi wacana mengenai partisipasi politik menggunakan analisis wacana Norman Fairclough. Partisipasi politik merupakan usaha keikutsertaan masyarakat dalam berbagai proses politik. Sebagai sebuah konstruksi, partisipasi politik dapat direproduksi ke cyberspace, salah satunya melalui medium website www.change.org.Reproduksi partisipasi politik pada change.org menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang terjadi pada dunia ‘nyata’.Penandatangan petisi pada website ini menunjukkan hasil reproduksinya dalam hal pemanfaatan ruang publik, partisipasi, ikatan, agensi, serta bentuk tindakan yang terjadi.Kesimpulan tersebut didapat dari analisis yang dilakukan terhadap mekanisme dan wacana yang terkandung dalam teks pada website tersebut selama durasi waktu penelitian. Berdasarkan hasil analisis, penulis menemukan bahwa partisipasi politik pada website www.change.org: telah mengalami pergeseran makna. Change.org juga membangkitkan semangat demokrasi partisan serta menghasilkan agensi subyek.Teks-teks yang diproduksi oleh pengguna menciptakan tindakan kolektif dengan membangun kedekatan dan kesamaan nasib antar pengguna merupakan indikasi nasionalisme.
Kata kunci: partisipasi politik, cyberdemocracy, ruang publik, analisis wacana, change.org
Keyword :
partisipasi politik, cyberdemocracy, ruang publik, analisis wacana, change.org,
References :
Anderson, B.,(2001) Imagined Community: Komunitas-Komunitas Terbayang, 1 : Insist, Yogyakarta.
Dahlan, Alwi.,(1999) Teknologi Informasi dan Demokrasi. Vo. IV/Oktober 1999 : Jurnal Ikatan Sarjana KomunikasiIndonesia
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-01 |
- Bentuk – Bentuk Komunikasi Pemasaran Yang Digunakan Dalam Program Telkomsel School Community Oleh Telkomsel Surabaya
- Teknik-teknik Sosialisasi Program Larasita Yang Dilakukan Oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Maros
- Gambaran Sensualitas Tubuh Perempuan Dalam Komik One Piece
- Penerimaan Khalayak Terhadap Sensualitas Perempuan Pada Visual Di Bak Truk
- Representasi Identitas Kultural Dalam Simbol-simbol Pada Batik Tradisional Dan Kontemporer
- Hubungan Terpaan Iklan Televisi Produk Revlon Dengan Motivasi Konsumen Wanita Dalam Melakukan Pembelian Produk Di Mall Surabaya
- Penerimaan Komunitas Pecinta Korea Di Surabaya Terhadap Sensualitas Perempuan Dalam Video Klip Gentleman Dan Female President
- Strategi Kampanye Kebijakan Silent Airport Oleh Pt. Angkasa Pura I (persero) (studi Kasus Bandara Juanda Surabaya)
- Representasi Anak Pada Iklan Televisi Asuransi Prudential Indonesia (studi Reception Analysis Orang Tua Terhadap Representasi Anak Pada Iklan Televisi Prudential Indonesia)
- Analisis Genre Film Action Indonesia Dalam Film The Raid Redemption (2011) Dan The Raid 2 Berandal (2014)
- Interpretasi Perempuan Pengguna Hijab Terhadap Sensualitas Tubuh Perempuan Pada Foto-foto Di Dalam Majalah Hijabella
- Keterbukaan Pada Pasangan Arranged Married Mengenai Dimensi Passion Dalam Committed Romantic Relationships
- Analisis Wacana Partisipasi Politik Pada Petisi “tolak Ruu Pilkada” Dan Petisi “tolak Revisi Ruu Md3” Dalam Website Www.change.org
- Pemberdayaan Komunitas Dan Eksistensi Musik Kendang-kempul Di Media Penyiaran Komunitas (studi Kasus Pada Radio Komunitas Citra Fm Banyuwangi)
- Wacana Politik Tubuh Perempuan Dalam Film Testpack:you Are My Baby
- Identitas Masyarakat Urban Dalam Tayangan Desain Arsitektur Rumah Griya Unik Trans Tv Dan D’sign Net Tv
- Wacana Islam Sebagai Identitas Agama Oriental Dalam Tayangan Dua Dunia Di Trans 7
- Penggambaran Gaya Hidup Muslimah Urban Dalam Majalah Laiqa Dan Scarf
- Konstruksi Identitas Tahanan Politik Orde Baru Dalam Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak
- Strategi Relationship Marketing Primagama Magetan Untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen
- Representasi Terorisme Dalam Film Java Heat
- Pengungkapan Informasi Privat Tentang Identitas Seksual Seorang Gay Kepada Orang Lain
- Strategi Marketing Public Relations The Sun Hotel Sidoarjo Pada Publik Konsumen
- Analisis Wacana Kritis Peliputan Letusan Gunung Sinabung Dan Gunung Kelud Di Metro Tv
- Indentitas Budaya Masyarakat Bali Dalam Film Under The Tree Karya Garin Nugroho
- Studi Analisis Loyalitas Konsumen Garuda Indonesia Keberangkatan Jakarta Terhadap Brand Garuda Indonesia
- Implementasi Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan (studi Kasus Program Corporate Social Responsibility Pt. Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk Sbu Dw Ii)
- Analisis Implementasi Pendekatan Relationship Marketing Pada Marketing Communications Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (studi Kasus Pada Pt. Serasi Transportasi Nusantara (o-renz Taxi))
- Penggambaran Identitas Perempuan Dalam Iklan Bumbu Masak
- Peran Cak Dan Ning Surabaya Dalam Strategi Promosi Kota Surabaya
- Representasi Femininitas Remaja Wanita Pada Majalah Nylon Indonesia
- Analisis Strategi Internet Marketing Butik Online Di Surabaya Melalui Instagram
- Komunikasi Antara Perawat Terhadap Pasien Di Igd Rsu Jati Husada Karanganyar
- Strategi Manajemen Konflik Pada Pasangan Suami Istri Yang Menikah Dengan Dijodohkan Pada Keluarga Arab
- Analisis Sikap Penerima Program Corporate Social Responsibility (csr) Go Green Blue Vision Departemen Humas Pt.pupuk Kaltim
- Gambaran Gaya Hidup Gaul Dalam Iklan Kopi Good Day Gaul Dan Iklan Kopiko 78º
- Mitos Bapak Pada Iklan Sos Pembersih Lantai Dan Pepsodent
- Wacana Korupsi Dalam Film-film Independen
- Pengungkapan Informasi Privat Oleh Remaja Putra Korban Bullying Di Sekolah Kepada Orang Lain
|