ISSN
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-01
Order : 24, and page :314 - 328
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Indentitas budaya masyarakat bali dalam film under the tree karya garin nugroho
Author :
- Virgina Purnama Sanni*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada identitas budaya masyarakat Bali dalam film Under The Tree karya Garin Nugroho. Penelitian ini menarik sebab dalam identitas budaya masyarakat Bali terdapat banyak “pertarungan” simbol dan pola kebudayaan. Pemilihan studi menggunakan film dikarenakan sinema terbukti berkuasa membentuk citra atas berbagai hal termasuk diantaranya persepsi publik atas kehadiran pulau Bali. Metode yang digunakan ialah semiotik diskursif. Dimana peneliti menggunakan dua level dalam analisis yaitu teks berupa tanda-tanda yang muncul dalam film tersebut dan konteks berupa wacana yang lebih besar yang hadir di luar tanda tersebut. Penelitian ini memperlihatkan bahwa identitas budaya masyarakat Bali dalam film tersebut ditampilkan keras dan hidup berdampingan dengan polemik peperangan. Kekuasaan menjadi alasan yang kuat dalam hal ini. Selain itu anak merupakan nilai yang penting. Pertama ialah mampu melanjutkan keturunan; kedua sebagai regenerasi dari orang tua; ketiga bertanggung jawab mengemban tugas religius; dan keempat ahli waris dari orang tuanya.
Kata Kunci : Masyarakat Bali, Identitas Budaya, Semiotik Diskursif, Film.
Keyword :
masyarakat bali, identitas budaya, Semiotik disrutif, Film,
References :
Sudana, Wayan.,(1998) "Dramatari Calonarang: Sebuah Seni Pertunjukan Ritual Magis di Desa Batubulan Bali." No. VI, 1998: 71-83. : Mudra
Kinasih, Ayu Windy,(2007) Identitas Etnis Tionghoa di Kota Solo. 1 : Yogyakarta: Laboratorium Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-01 |
- Bentuk – Bentuk Komunikasi Pemasaran Yang Digunakan Dalam Program Telkomsel School Community Oleh Telkomsel Surabaya
- Teknik-teknik Sosialisasi Program Larasita Yang Dilakukan Oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Maros
- Gambaran Sensualitas Tubuh Perempuan Dalam Komik One Piece
- Penerimaan Khalayak Terhadap Sensualitas Perempuan Pada Visual Di Bak Truk
- Representasi Identitas Kultural Dalam Simbol-simbol Pada Batik Tradisional Dan Kontemporer
- Hubungan Terpaan Iklan Televisi Produk Revlon Dengan Motivasi Konsumen Wanita Dalam Melakukan Pembelian Produk Di Mall Surabaya
- Penerimaan Komunitas Pecinta Korea Di Surabaya Terhadap Sensualitas Perempuan Dalam Video Klip Gentleman Dan Female President
- Strategi Kampanye Kebijakan Silent Airport Oleh Pt. Angkasa Pura I (persero) (studi Kasus Bandara Juanda Surabaya)
- Representasi Anak Pada Iklan Televisi Asuransi Prudential Indonesia (studi Reception Analysis Orang Tua Terhadap Representasi Anak Pada Iklan Televisi Prudential Indonesia)
- Analisis Genre Film Action Indonesia Dalam Film The Raid Redemption (2011) Dan The Raid 2 Berandal (2014)
- Interpretasi Perempuan Pengguna Hijab Terhadap Sensualitas Tubuh Perempuan Pada Foto-foto Di Dalam Majalah Hijabella
- Keterbukaan Pada Pasangan Arranged Married Mengenai Dimensi Passion Dalam Committed Romantic Relationships
- Analisis Wacana Partisipasi Politik Pada Petisi “tolak Ruu Pilkada” Dan Petisi “tolak Revisi Ruu Md3” Dalam Website Www.change.org
- Pemberdayaan Komunitas Dan Eksistensi Musik Kendang-kempul Di Media Penyiaran Komunitas (studi Kasus Pada Radio Komunitas Citra Fm Banyuwangi)
- Wacana Politik Tubuh Perempuan Dalam Film Testpack:you Are My Baby
- Identitas Masyarakat Urban Dalam Tayangan Desain Arsitektur Rumah Griya Unik Trans Tv Dan D’sign Net Tv
- Wacana Islam Sebagai Identitas Agama Oriental Dalam Tayangan Dua Dunia Di Trans 7
- Penggambaran Gaya Hidup Muslimah Urban Dalam Majalah Laiqa Dan Scarf
- Konstruksi Identitas Tahanan Politik Orde Baru Dalam Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak
- Strategi Relationship Marketing Primagama Magetan Untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen
- Representasi Terorisme Dalam Film Java Heat
- Pengungkapan Informasi Privat Tentang Identitas Seksual Seorang Gay Kepada Orang Lain
- Strategi Marketing Public Relations The Sun Hotel Sidoarjo Pada Publik Konsumen
- Analisis Wacana Kritis Peliputan Letusan Gunung Sinabung Dan Gunung Kelud Di Metro Tv
- Indentitas Budaya Masyarakat Bali Dalam Film Under The Tree Karya Garin Nugroho
- Studi Analisis Loyalitas Konsumen Garuda Indonesia Keberangkatan Jakarta Terhadap Brand Garuda Indonesia
- Implementasi Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan (studi Kasus Program Corporate Social Responsibility Pt. Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk Sbu Dw Ii)
- Analisis Implementasi Pendekatan Relationship Marketing Pada Marketing Communications Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (studi Kasus Pada Pt. Serasi Transportasi Nusantara (o-renz Taxi))
- Penggambaran Identitas Perempuan Dalam Iklan Bumbu Masak
- Peran Cak Dan Ning Surabaya Dalam Strategi Promosi Kota Surabaya
- Representasi Femininitas Remaja Wanita Pada Majalah Nylon Indonesia
- Analisis Strategi Internet Marketing Butik Online Di Surabaya Melalui Instagram
- Komunikasi Antara Perawat Terhadap Pasien Di Igd Rsu Jati Husada Karanganyar
- Strategi Manajemen Konflik Pada Pasangan Suami Istri Yang Menikah Dengan Dijodohkan Pada Keluarga Arab
- Analisis Sikap Penerima Program Corporate Social Responsibility (csr) Go Green Blue Vision Departemen Humas Pt.pupuk Kaltim
- Gambaran Gaya Hidup Gaul Dalam Iklan Kopi Good Day Gaul Dan Iklan Kopiko 78º
- Mitos Bapak Pada Iklan Sos Pembersih Lantai Dan Pepsodent
- Wacana Korupsi Dalam Film-film Independen
- Pengungkapan Informasi Privat Oleh Remaja Putra Korban Bullying Di Sekolah Kepada Orang Lain
|