ISSN
Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06
Order : 3, and page :175 - 189
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Penggambaran anak-anak dalam program televisi si bolang trans7
Author :
- Novia Magligawaty *1
- Novia Magligawaty *2
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAKSI
Penelitian ini merupakan penelitian penggambaran anak-anak dalam program televisi anak-anak Si Bolang TRANS7. Penelitian ini menarik untuk dibahas karena masih terbatasnya penelitian mengenai anak-anak dalam media. Terutama mengenai representasi anak-anak dalam program televisi Indonesia. Penelitian ini akan berusaha untuk mendeskripsikan penggambaran anak-anak dalam program televisi Si Bolang TRANS7. Penelitian ini menggunakan pendekatan Semiotika Fiske melalui tiga level, level realitas, level representasi, dan level ideologi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pertama, anak-anak pada program televisi tersebut ditampilkan sebagai anak laki-laki dan anak perempuan. Anak laki-laki dalam Si Bolang ditampilkan sebagai anak bertubuh kecil dan kurus, berkulit sawo matang. Kedua, anak-anak dalam program televisi tersebut dalam kesehariannya ditunjukkan lebih dekat dengan alam. Ketiga, Bolang digambarkan sebagai serang anak yang selalu bersikap dewasa dan selalu bersikap bijaksana terlepas dari usianya yang masih anak-anak. Keempat, penggunaan bahasa daerah dalam program televisi Si Bolang untuk menunjukkan adanya keragaman budaya atau multikulturalisme yang dimiliki oleh Indonesia.
Kata kunci: Anak-anak, Program Televisi , Semiotik, Fiske
Keyword :
Anak-anak, Program Televisi, Semiotik, Fiske,
References :
Bell, Hass & Sells,(1995) From Mouse to Mermaid: The Politics of Film, Gender, and Culture USA : Indiana University Press
Bungin, Burhan,(2006) Sosiologi Kumnikasi: Teori, Paradigma, dan Discourse. Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kakilangit Kencana
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06 |
- Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
- Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
- Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
- Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
- Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
- Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
- Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
- Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
- Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
- Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
- Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
- Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
- Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
- Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
- Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
- Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
- Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
- Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
- Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
- Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
- Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
- Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
- Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
- Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
- Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda
|