ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 2, and page :464 - 473
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Penggambaran budaya tionghoa indonesia di surabaya dalam majalah internal pasar atom & atom mall : “shopping at pasar atom”
Author :
- Azmi Adilah *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada penggambaran budaya Tionghoa Indonesia di Surabaya dalam majalah internal Pasar Atom & Atom Mall : “Shopping at Pasar Atom” (SAP). Serta melihat mitos yang diartikulasikan melalui gambaran tersebut dengan analisis tekstual semiotik Roland Barthes. Signifikansi penelitian ini untuk mendeskripsikan keragaman gaya hidup etnis Tionghoa di Surabaya, hal ini terkait pendapat yang mengatakan bahwa kehidupan masyarakat Tionghoa Indonesia di Surabaya lebih beragam dan dinamis dibanding daerah lain. Majalah internal SAP dipilih karena merupakan majalah internal yang diposisikan sebagai media promosi suatu pusat perbelanjaan yang kemudian dikonsumsi secara masal dan diasumsi lebih banyak menampilkan konten budaya Tionghoa Indonesia daripada promosi produk ataupun jasa yang ditawarkan. Dari hasil analisis didapatkan temuan bahwa budaya Tionghoa Indonesia di Surabaya secara keseluruhan digambarkan sebagai budaya yang tidak terlepas dari tradisi dan kebudayaan asli leluhurunya.
Kata Kunci: Budaya, Tionghoa Indonesia, Majalah, Semiotik, Mitos.
Keyword :
Budaya, Tionghoa Indonesia, Majalah, Semiotik, Mitos,
References :
Suryadinata, L.,(2010) Etnis Tionghoa dan Nasionalisme Indonesia. Jakarta : Gramedia
Yusuf, I. A. ,(2005) Media, Kematian, dan Identitas Budaya Minoritas . Yogyakarta : UII press.
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|