UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-01

Order : 17, and page :197 - 209

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi public relations kwartir nasional gerakan pramuka dalam membangun image organisasi pramuka

Author :

  1. Lailatun Niqmah *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada pendeskripsian strategi public relations (PR) Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dalam membangun image organisasi Pramuka yang merupakan organisasi non-profit pemerintah. Pemilihan Pramuka yaitu berdasarkan temuan data yang menyebutkan bahwa image Pramuka yang berkembang dalam masyarakat tidak sesuai dengan image yang diharapkan oleh organisasi, image yang berkembang yakni hanya tepuk-tepuk, menyanti, baris-berbaris, kuno, dll. Pada tahun 2006, presiden SBY mendeklarasikan pencanangan revitalisasi Gerakan Pramuka melalui pidatonya di Cibubur. Namun, bahkan setelah dilakukan revitalisasi, image Pramuka yang berkembang masih belum mengalami perubahan yang signifikan. Sehingga penelitian ini diperlukan untuk melihat strategi apa saja yang sudah dilakukan oleh PR Kwarnas dalam membangun image Pramuka. Penelitian ini melihat beberapa tahapan strategi dari berbagai teori, baik pada tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Salah satu strategi (Program) yang diunggulkan oleh PR Kwarnas adalah publikasi dan pemanfaatan membership untuk melakukan upaya pembangunan image. Kata kunci: Strategi PR, PR, Image, Pramuka  

Keyword :

strategi pr, pr, image, pramuka,


References :

Ruslan, R. ,(2010) Manajemen public relation & media komunikasi: konsep dan aplikasi. 1 : Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widjaja, H.,(2010) Komunikasi: komunikasi & hubungan masyarakat. 1 : Jakarta: Bumi Aksara.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-01
  1. Representasi Kecantikan Perempuan Pada Iklan Dove Versi “real Beauty Sketches” Di Situs Youtube
  2. Representasi Istri Dalam Film “habibie & Ainun”
  3. Analisis Visual Identitas Kota Malang Melalui Foto-foto Pada Festival Malang Tempoe Doeloe 2014 : Satoes Akoe 100 Lakoe
  4. Pola Penggunaan Internet Oleh Wanita Di Surabaya Untuk Mendapatkan Informasi Perawatan Balita
  5. Representasi Tokoh Utama Transeksual Dalam Film Lovely Man
  6. Motif Menonton Drama Korea Di Televisi Oleh Remaja Surabaya
  7. Penerimaan Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Terhadap Isu Politik Ruu Pilkada Tahun 2014 Di Media Sosial Twitter
  8. Bias Gender Dalam Praktik Jurnalisme Tv (studi Kasus Sbo Tv Jawa Timur)
  9. Representasi Etnis Tionghoa Dalam Film Cin(t)a
  10. Penggambaran Calon Anggota Legislatif Pemilihan Umum 2014 Pada Kartun Editorial Harian Kompas
  11. Sikap Publik Terhadap Implementasi Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Ekonomi Jarak Jauh Daop Vi Yogyakarta
  12. Representasi Identitas Anak Turun Kiai Dalam Novelbola-bola Santri Karya Sachree M. Doraini
  13. Representasi Peristiwa Kerusuhan Sunni Syiah Di Sampang Madura Dalam Foto - Foto Di Majalah Tempo Edisi 24 Agustus 2012-11 Agustus 2013
  14. Interpretasi Penggemar Mengenai Skinship Yang Dilakukan Boyband K-pop
  15. Representasi Nilai-nilai Islam Dalam Film Sang Murabbi
  16. Strategi Public Relations Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dalam Membangun Image Organisasi Pramuka
  17. Interpretasi Mahasiswi Surabaya Terhadap Gambaran Maskulinitas Dalam Iklan Axe Indonesia Dan Surya 16 Versi Photografer
  18. Representasi Kelas Atas Pada Film Arisan 1 Dan 2
  19. Identitas Perempuan Dalam Iklan Kopi Luwak White Koffie
  20. Wacana Tkw Dalam Novel “aku Bukan Budak” Dan “dari Tanah Haram Ke Ranah Minang”
  21. Analisis Framing Berita Capres Dan Cawapres Pada Pemilu 2014 Di Harian Republika Dan Jawa Pos
  22. Strategi Mereduksi Ketidakpastian Terhadap Perasaan Pasangan Dalam Long Distance Relationship Pada Remaja Akhir 17-21 Tahun
  23. Membaca Poster Iklan Politik Wisnu Wardhana
  24. Representasi “cowo” Dalam Iklan Rokok U-mild Vesi “ini Baru Cowo”
  25. Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Satwa Batu Dalam Mempromosikan Museum Satwa Batu
  26. Bentuk-bentuk Komunikasi Pemasaran Museum House Of Sampoerna Dalam Membangun Brand Image
  27. Resistensi Perempuan Batak Terhadap Dominasi Sistem Patrilineal Budaya Batak Pada Film Demi Ucok Karya Sammaria Simanjuntak
  28. Komodifikasi Dalam Proses Produksi Berita Di Rubrik For Her Jawa Pos
  29. Peran Humas Pemerintah Kota Balikpapan Dalam Mengimplementasikan Konsep Smart City Di Kota Balikpapan
  30. Studi Opini Publik Program Lamongan Green And Clean Di Kabupaten Lamongan
  31. Identitas Militer Dalam Bahasa Slang Pada Komunitas Kadet Akademi Angkatan Laut Di Surabaya
  32. Isu-isu Dan Penyelesaian Konflik Pasangan Suami Istri Beda Kasta Di Bali
  33. Representasi Identitas Gay Dalam Film “cinta Yang Dirahasiakan”
  34. Representasi Pendekar Perempuan Pada Tokoh Malini Dalam Film Gending Sriwijaya