ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 4, and page :583 - 594
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Wacana kecantikan perempuan dalam teks gaya hidup vegetarian pada media online vemale.com
Author :
- megameilya@yahoo.com*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
kecantikan perempuan dalam teks gaya hidup vegetarian pada media online Vemale.com. Penulis menggunakan metode critical discourse analysis milik Theo van Leeuwen untuk melihat konsep kecantikan seperti apa yang sebenarnya ditawarkan oleh gaya hidup vegetarian, serta melihat kemungkinan adanya aktor sosial atau kelompok tertentu yang dimarjinalkan keberadaannya. Hasil daripada penelitian ini adalah bahwa identitas perempuan yang ditampilkan adalah identitas perempuan modern dan identitas perempuan kelas menengah atas. Konsep kecantikan yang ditawarkan oleh keempat teks tersebut adalah awet muda, bentuk tubuh ideal, serta kulit yang cerah. Sehingga dari kedua hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa kelompok perempuan yang dimarjinalkan posisinya adalah mereka yang tidak memiliki identitas sebagai perempuan modern dan perempuan yang tidak berasal dari kelas menengah atas. Selain itu, kelompok yang termarjinalkan posisinya adalah kelompok perempuan yang tidak memenuhi konsep kecantikan tersebut, yakni berpenampilan awet muda, memiliki bentuk tubuh ideal, serta memiliki kulit yang cerah.
Kata kunci: wacana kecantikan perempuan, identitas perempuan, kapitalisme, budaya populer.
Keyword :
wacana kecantikan perempuan, identitas perempuan, kapitalisme, budaya populer,
References :
Chaney, D,(1996) Lifesyles: sebuah pengantar komprehensif, Yogyakarta. : Jalasutra
Eriyanto,(2001) Analisis wacana: pengantar analisis teks media Yogyakarta : LkiS
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|