UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

INSAN Media Psikologi

ISSN 1411-2671 (Cetak); 2310-7945 (Online)

Vol. 5 / No. 3 / Published : 2003-09

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perilaku memilih produk pembalut wanitaantara ibu dengan remaja putriditinjau dari status pernikahandan tingkat pendidikan

Author :

  1. Muhammad Ghazali Bagus Ani Putra*1
  1. Dosen Psikologi Unair

Abstract :

Sebagaimana diketahui bahwa tidak ada dua orang yang sama, walaupun orang kembar. Pemeriksaan sidik jari dengan cepat memantapkan pendapat tersebut. Bahkan untuk perilaku seperti memilih produk dan kegiatan dalam waktu senggang, kalaupun ada orang yang memiliki preferensi yang persis sama, jumlahnya hanya sedikit. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan individu dalam perilaku, dalam hal ini perilaku memilih produk, baik itu dipengaruhi oleh jenis kelamin, tingkat usia, status pernikahan, kelas sosial, tingkat pendidikan, maupun faktor lainnya.Penelitian ini mengupas perbedaan perilaku memilih produk pembalut wanita antara ibu dengan remaja putri ditinjau dari status pernikahan dan tingkat pendidikan. Status pernikahan akan mempengaruhi pola konsumsi suatu produk. Hal ini juga berkaitan dengan perkembangan psikis konsumennya. Selain itu, tingkat pendidikan diasumsikan sebagai variabel bebas yang mempengaruhi perilaku memilih produk pembalut wanita. Tingkat pendidikan berkaitan dengan proses pencarian dan pengolahan informasi tentang pembalut wanita.

Keyword :

perilaku memilih, status pernikahan, tingkat pendidikan,


References :

B. Abe,(1995) Attention Seekers: Ingin Tampil Beda. Dalam Swasembada No. 3 Tahun X Jakarta :

Chatarina Rossie Andriani,(1997) Pengaruh Daya Tarik Iklan dalam Menimbulkan Perilaku Membeli berdasarkan Tingkat Elaborasi. (Skripsi) Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

H. Assael,(1984) Consumer Behavior & Marketing Action (Second Edition) Boston : Kent Publishing

S. Azwar,(1995) Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset

G.W. Clindiff,(1988) Dasar-Dasar Marketing Modern (Fundamentals of Modern Marketing) Yogyakarta : Penerbit Liberty

R.R Still,(1988) Dasar-Dasar Marketing Modern (Fundamentals of Modern Marketing) Yogyakarta : Penerbit Liberty

N. A. P Govoni,(1988) Dasar-Dasar Marketing Modern (Fundamentals of Modern Marketing) Yogyakarta : Penerbit Liberty

J. F. Engel,(1995) Consumer Behavior (Six Edition) New York : The Dryden Press

R. D. Blacwell,(1995) Consumer Behavior (Six Edition) Ne



Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2003-12
  1. Kepribadian Otoritarian Dan Ideologi Politik (studi Kualitatif Terhadap Fungsionaris Dan Simpatisan Empat Partai Politik Di Surabaya)
  2. Perilaku Memilih Produk Pembalut Wanitaantara Ibu Dengan Remaja Putriditinjau Dari Status Pernikahandan Tingkat Pendidikan