Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-12
Order : 1, and page :1 - 12
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan kualitas pelayanan (service quality) dengan kesetiaan pelanggan (customer loyalty) pada alfamidi dharmawangsa surabaya
Author :
- Yullia Rizki Cahya Saputri*1
- Cholichul Hadi*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Perubahan budaya masyarakat dalam berbelanja saat ini memunculkan persaingan baru dalam industri ritel modern. Persaingan antar usaha ritel menyebabkan perusahaan mencari berbagai cara untuk mendapatkan pelanggan yang setia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kesetiaan pelanggan pada Alfamidi Dharmawangsa Surabaya, serta hubungan tiap dimensi dari kualitas layanan dengan kesetiaan pelanggan. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan Alfamidi Dharmawangsa dengan 65 partisipan. Alat ukur yang digunakan untuk variabel kualitas layanan adalah Retail Service Quality Scale (RSQS) yang dikembangkan oleh Dabholkar, Thorpe, dan Rentz (1996). Kemudian untuk variabel kesetiaan pelanggan, alat ukur yang digunakan adalah skala kesetiaan pelanggan yang disusun berdasarkan teori milik Oliver (1996). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kesetiaan pelanggan (p = 0,652, r = 0,057), begitupun dengan hubungan dari tiap dimensi kualitas layanan.
Keyword :
kesetiaan pelanggan, kualitas layanan, retail,
References :
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-12 |
|