Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-12
Order : 1, and page :129 - 138
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
The effect of shopping orientation toward online purchase intention of apparel product in online shopper
Author :
- Distiani Fitria Kusuma*1
- Berlian Gressy Septarini, M.Psych*2
- -
- -
Abstract :
Masuknya internet menjadi salah satu bagian dalam kegiatan berbelanja individu membawa perubahan tersendiri, salah satunya adalah orientasi belanja individu. Orientasi belanja merupakan pengkarakteristikan individu yang ditekankan secara khusus pada kegiatan berbelanja yang menggambarkan kebutuhan dan keinginan individu ketika melakukan kegiatan berbelanja (Shim Kotsiopulos, 1993, dalam Seock, 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh orientasi belanja terhadap intensi pembelian secara online. Penelitian ini dilakukan pada pengguna internet khususnya pada jejaring sosial Facebook, dengan sampel awal sebanyak 279, kemudian disaring menjadi 208 berdasarkan kriteria produk yakni pakaian. Adapun subjek yang menjadi sampel penelitian ini adalah sebanyak 197 orang dengan sebaran 18 orang pria dan 179 orang wanita. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Regresi Berganda dan ditemukan bahwa orientasi berlanja mempengaruhi intensi pembelian secara online, serta penelitian ini juga ditemukan bahwa orientasi shopping enjoyment, convenience/time consciousness dan in-home shopping tendency memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi pembelian secara online, sedangkan brand/fashion consciousness, price consciousness, shopping confidence dan brand/store loyalty tidak memberikan pengaruh yang signifikan.
Keyword :
intensi pembelian secara online, orientasi belanja, shopping enjoyment, convenience / time consciousness, in-home shopping tendency,
References :
Assael, Henry,(2001) Consumer Behavior 6 th. Edition New York : Thomson-. Learning
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-12 |
|