UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial

ISSN 2301-7074

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-12

Order : 4, and page :128 - 135

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Studi deskriptif gaya belajar siswa gifted di kelas akselerasi

Author :

  1. Lely Puspita Oktaviani*1
  2. Iwan Wahyu Widayat*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran gaya belajar pada siswa gifted di kelas akselerasi. Gaya belajar adalah cara dimana setiap pelajar mulai berkonsentrasai, memproses, menyerap, dan menampung informasi yang baru dan sulit (Dunn & Dunn, 1993). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI kelas akselerasi yang telah teridentifikasi sebagai siswa gifted di tiga sekolah berbeda yaitu SMAN 5 Surabaya, SMAN 3 Sidoarjo, dan SMAN 1 Gresik dengan jumlah keseluruhan 57 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner gaya belajar yang mengacu pada kuesioner gaya belajar Dunn & Prashnig (2007) yang berjumlah 196 aitem. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Berdasarkan analisis data diketahui dimensi dominasi (otak kiri atau kanan) subjek memiliki dominasi pada preferensi proses informasi simultan (mean 32,32), gaya berpikir reflektif (mean 30,84). Dimensi modalitas indriawi didominasi oleh auditory-internal (mean 34,92), visual-external (mean 37,07), taktil (mean 32,16), dan kinestetik-internal (mean 39,51). Dimensi kebutuhan fisik didominasi oleh mobilitas-kebutuhan bergerak (mean 28,54), membutuhkan asupan (mean 22,26), dan waktu awal pagi (mean 29,46). Dimensi lingkungan didominasi oleh suasana sunyi (mean 24,22), pencahayaan terang (mean 26,93), temperatur sejuk (mean 32,40), area kerja informal (mean 20,41). Dimensi pengelompokan sosial didominasi oleh bekerja dengan teman sebaya (mean 31,21) dan otoritas orangtua (mean 30,23). Dimensi sikap didominasi oleh motivasi internal (mean 35,22), kegigihan tinggi (mean 27,84), mematuhi aturan (mean 27,35), tanggungjawab tinggi (mean 33,49), diarahkan orang lain (mean 34,99), dan berorientasi pada perubahan (mean 30,63).

Keyword :

Gaya belajar, siswa, Gifted, kelas akselerasi,


References :

Renzulli, J.S,(2005) The Three-Ring Conception of Giftedness 246 - 279 : Cambridge University Press





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-12
  1. Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kualitas Hidup Penderita Skizofrenia
  2. Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Dan Pbc Mahasiswa Terhadap Intensi Plagiat Dalam Tugas Akademik
  3. Dinamika Psychological Wellbeing Pada Remaja Yang Mengalami Perceraian Orangtua Ditinjau Dari Family Conflict Yang Dialami
  4. Studi Deskriptif Gaya Belajar Siswa Gifted Di Kelas Akselerasi
  5. Hubungan Antara Strategi Coping Dengan Self-efficacy Pada Penyalahguna Narkoba Pada Masa Pemulihan
  6. Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama
  7. Gambaran Kekuatan Karakter Pada Kadet Akademi Tni Angkatan Laut