UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Japanology

ISSN 2302-2876

Vol. 5 / No. 2 / Published : 2017-01

Order : 8, and page :241 - 251

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Verbal ijime pada komik life karya suenobu

Author :

  1. Vivi Nur Khomsiati*1
  2. Adis Kusumawati*2
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
  2. Dosen Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

Ijime adalah salah satu bentuk bullying yang ada di Jepang. Ijime mempunyai banyak jenis, salah satunya adalah ijime dalam bentuk verbal ijime. Verbal ijime adalah ijime yang dilakukan dengan kata-kata, baik lisan maupun tulisan untuk menindas seseorang. Misalnya mengejek, menjuluki seseorang dengan nama yang buruk, berkata kotor, atau membicarakan keburukan seseorang dengan orang lain. Komik Life adalah salah satu komik yang merepresentasikan ijime yang ada di sekolah. Penelitian ini menganalisis ijime dalam bentuk verbal yang terdapat dalam komik Life dengan menggunakan metode kualitatif. Teori konteks dari  Givon dan teori konteks situasi dari Halliday digunakan  dalam menganalisis data pada penelitian ini. Penggunaan verba dalam melakukan ijime dapat memiliki menggunakan kalimat yang maknanya bisa langsung dimengerti sebagai ijime dan bisa juga menggunakan kalimat yang maknanya tidak langsung berupa ijime. Penggunaan kalimat yang maknanya tidak langsung seperti itu akan susah untuk dianggap sebagai ijime oleh orang yang tidak terlibat di dalamnya. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa suatu kata atau kalimat dapat dikatakan sebagai verbal ijime apabila konteks penggunaannya memenuhi unsur-unsur terjadinya ijime yaitu kesengsaraan yang dirasakan korban sebagai akibat dari komunikasi verbal yang dilakukan oleh pelaku bullying.

Keyword :

Ijime, verbal ijime, LIFE, konteks,


References :

Alwasilah, A. chaedar,(1993) Linguistik Suatu Pengantar 1 : Angkasa

Halliday, MA.K dan Ruqaiya,(1992) Bahasa, konteks dan teks 1 : Gadjah Mada University Press

Isao dkk.,(2001) Chuujoukyuu no Oshieru Hito no Tame, Nihon Go Bunpou no Hando Bukku 1 : 3A Corporation





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2017-03
  1. Analisis Makna Kotowaza Yang Terbentuk Dari Kata Anjing (犬) Serta Padanannya Dalam Peribahasa Bahasa Indonesia
  2. Pelanggaran Maksim Pada Aktifitas Humor Dalam Acara Shimura Ken No Baka Tono Sama
  3. Harai: Telaah Konsep Religi Koentjaraningrat
  4. Analisis Amae Dalam Permasalahan Hubungan Keluarga Pada Film Tokyo Sonata
  5. Makna Hubungan Antartokoh Dalam Proses Pembentukan Kepribadian Ganda Tokoh Suguro Pada Novel Sukyandaru Karya Endo Shusaku
  6. Struktur Dan Makna Cerpen Si Rubah Gong Karya Niimi Nankichi
  7. Makna Cinta Dalam Kumpulan Puisi Wakanashu Karya Shimazaki Toson Berdasarkan Teori Struktural-semiotik
  8. Verbal Ijime Pada Komik Life Karya Suenobu
  9. Manifestasi Nilai Kawaii Pada Empat Tokoh Pria Dalam Game Touken Ranbu Online
  10. Perilaku Konsumtif Dan Pemujaan Terhadap Idol Group Jkt 48 : Studi Kasus 6 Anggota Fanbase Wani Surabaya
  11. 8 Pemain Otome Game Di Surabaya : Romantisme, Rileksasi Dan Betsu Kare