Japanology
ISSN 2302-2876
Vol. 5 / No. 2 / Published : 2017-01
Order : 8, and page :241 - 251
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Verbal ijime pada komik life karya suenobu
Author :
- Vivi Nur Khomsiati*1
- Adis Kusumawati*2
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
- Dosen Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Ijime adalah salah satu bentuk bullying yang ada di Jepang. Ijime mempunyai banyak jenis, salah satunya adalah ijime dalam bentuk verbal ijime. Verbal ijime adalah ijime yang dilakukan dengan kata-kata, baik lisan maupun tulisan untuk menindas seseorang. Misalnya mengejek, menjuluki seseorang dengan nama yang buruk, berkata kotor, atau membicarakan keburukan seseorang dengan orang lain. Komik Life adalah salah satu komik yang merepresentasikan ijime yang ada di sekolah. Penelitian ini menganalisis ijime dalam bentuk verbal yang terdapat dalam komik Life dengan menggunakan metode kualitatif. Teori konteks dari Givon dan teori konteks situasi dari Halliday digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini. Penggunaan verba dalam melakukan ijime dapat memiliki menggunakan kalimat yang maknanya bisa langsung dimengerti sebagai ijime dan bisa juga menggunakan kalimat yang maknanya tidak langsung berupa ijime. Penggunaan kalimat yang maknanya tidak langsung seperti itu akan susah untuk dianggap sebagai ijime oleh orang yang tidak terlibat di dalamnya. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa suatu kata atau kalimat dapat dikatakan sebagai verbal ijime apabila konteks penggunaannya memenuhi unsur-unsur terjadinya ijime yaitu kesengsaraan yang dirasakan korban sebagai akibat dari komunikasi verbal yang dilakukan oleh pelaku bullying.
Keyword :
Ijime, verbal ijime, LIFE, konteks,
References :
Alwasilah, A. chaedar,(1993) Linguistik Suatu Pengantar 1 : Angkasa
Halliday, MA.K dan Ruqaiya,(1992) Bahasa, konteks dan teks 1 : Gadjah Mada University Press
Isao dkk.,(2001) Chuujoukyuu no Oshieru Hito no Tame, Nihon Go Bunpou no Hando Bukku 1 : 3A Corporation
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2017-03 |
|