Jurnal Politik Muda
ISSN 2302-8068
Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-04
Order : 8, and page :67 - 73
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Politik dan internet fungsi internet dalam kampanye pemilihan anggota dprd kota surabaya
Author :
- Indah Nur Laeli*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Dengan adanya perkembangan teknologi, mengakibatkan munculnya suatu masyarakat jaringan yang beraktifitas di ruang yang bebas, terbuka, tanpa batas, dan berbasis digital. Hal ini yang menyebabkan internet dijadikan salah satu media kampanye baru dalam ruang politik. Media baru ini dianggap dapat menciptakan suatu pencitraan sang politisi, usaha ini dilakukan guna membuka komunikasi yang lebih efektif dengan publik. Sifat internet yang mengutamakan kecepatan dan keterbukaan dalam penyebaran informasi, dirasa sanggup untuk menciptakan suasana kampanye yang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa yang menyebabkan Hani Fidyanto memilih internet sebagai media kampanyenya; (2) Bagaimana variasi isi pesan dan pengaturan tempo kampanye politik melalui internet (website dan jejaring sosial online facebook, twitter). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan tujuan dari adanya penggunaan internet sebagai media kampanye dalam pemilihan DPRD Kota Surabaya. Tidak hanya tujuan dari penggunaan internet saja, akan tetapi penelitian ini lebih jauh lagi akan membahas bagaimana penyajian pesan dan tingkat interaktif di dalam media kampanye tersebut. Teori dan konsep yang digunakan adalah teori dan konsep komunikasi kekuasan, masyarakat jaringan, konstestasi politik, jejaring sosial online, pemilihan anggota DPRD Kota Surabaya, dan internet. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan internet sebagai hasil dari perkembangan teknologi di abad 21 melahirkan suatu masyarakat jaringan yang lebih banyak melakukan aktifitasnya di ruang berbasis digital ini. Hal itulah yang menyebabkan aktor politik merasa perlu untuk melakukan kampanye politik di internet. Adapun penyampaian pesan dalam kampanye Hani Fidyanto memiliki kecenderungan pada pesan berbentuk gambar. Untuk itu penelitian ini merekomendasikan agar penggunaan internet sebagai media kampanye nantinya akan dieksplor lebih dalam lagi, guna menciptakan suatu pendidikan politik yang nantinya akan menciptakan tatanan politik yang lebih baik lagi
Keyword :
Komunikasi , , Masyarakat Jaringan, , Internet,
References :
Castells, Manuel,(2009) Communication Power Oxford : Oxford University Press
Castells, Manuel,(2000) The Rise of The Network Society. Victoria Australia : Blackwell Publishing
Nurudin.,(2001) Komunikasi Propaganda Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-04 |
|