Libri-Net
ISSN
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-09
Order : 10, and page :123 - 134
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Library quality service pada pengguna perpustakaan umum balai pemuda surabaya (study deskriptif mengenai kualitas layanan di perpustakaan umum balai pemuda surabaya)
Author :
- Jeane Widoasti Altabanita*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Perpustakaan adalah pusat informasi yang sangat membantu dalam proses pendidikan dan mencerdaskan masyarakat. Ada berbagai macam jenis perpustakaan. Salah satunya adalah perpustakaan umum. Perpustakaan umum adalah lembaga informasi yang berada di tingkat kabupaten. Perpustakaan milik masyarakat, untuk masyarakat, dan dari masyarakat. Perpustakaan umum menghadapi tantangan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sekitarnya. Agar tetap dapat menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan umum salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengetahui penilaian kualitas layanan yang ada di perpustakaan umum kota Balai Pemuda Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan 4 dimensi dari LibQual +TM untuk menetahui persepsi terhadap perpustakaan umum yaitu Affect of service, Personal control, Information access dan Library as place. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan sampel purposive dan metode yang digunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengguna menilai dimensi Affect of service dengan positif dengan skor sebesar 4.57 sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi ini masuk dalam kategori cukup. Sementara, dalam dimensi personal control, pengguna menilai positif dengan skor sebesar 4.34 sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi ini masuk dalam kategori cukup. Kemudian, pengguna memiliki penilaian positif terhadap dimensi information access dengan skor sebesar 4.12 sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi ini masuk dalam kategori cukup. Pengguna memiliki penilaiani positif terhadap dimensi library as place dengan skor 5.23 sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi ini masuk dalam kategori baik
Keyword :
Kualitas Layanan, LibQual, Perpustakan Umum, -, -, -,
References :
Thompson, B. & Cook, C,(2001) Psychometric properties of scores from the web-based LibQUAL+ study of perceptions of library service quality - : library trends, 49(4), 585-604
Jankowska, M. A., Hertel, K., & Young, N. J.,(2006) Improving library service quality to graduate students: Libqual+ TM survey results in a practical setting - : Libraries and the Academy
Cook, C., Heath, F., & Thompson, B,(2002) LibQUAL+ One instrument in the new measures toolbox - : Journal of library administration
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-06 |
|