ISSN
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-09
Order : 9, and page :112 - 122
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuassan pengguna universitas ciputra library surabaya
Author :
- Diajeng Variant C*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Bauran pemasaran jasa merupakan elemen organisasi atau perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan untuk melakukan komunikasi dengan konsumen serta memuaskan konsumen. Awal mula bauran pemasaran jasa ini terdiri dari (4P) yaitu product, place, promotion dan price. Kemudian berkembang karena faktor kelemahan sehingga para ahli menambahkan 3 unsur bauran pemasaran yaitu people, process dan physical evidence. Dengan melakukan bauran pemasaran yang baik juga dapat mencapai tujuan sebuah organisasi atau perusahaan. Penelitian ini berfokus pada bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya (UC Library), yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara stimultan maupun parsial variabel bauran pemasaran product, place, promotion, price, people, process dan physical evidence terhadap kepuasan pengguna UC Library. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, uji F, uji T, serta dua uji asumsi klasik yaitu multikoleniaritas dan heterokedastisitas. Hasil penelitian ini adalah variabel bebas bauran pemasaran yang terdiri dari product, place, promotion, price, people, process dan physical evidence secara stimultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat kepuasan pengguna, dengan membandingkan f hitung (867.057) > f tabel (2.111). Berdasarkan uji t diketahui bahwa pada variabel physical evidence secara parsial mempunyai pengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna, dengan membandingkan t hitung (55.122) > t tabel (1.986). Untuk variabel product, place, promotion, price, people dan process secara parsial tidak ada pengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna
Keyword :
kepuasan pengguna,
References :
Payne, Adrian,(2001) Pemasaran Jasa - : Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip,(2001) Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 - : ANDI, Yogyakarta
Sugiyono,(2010) Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D - : Alfabeta, Bandung
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-06 |
- Analisis Kinerja Online Public Access Catalogue (opac) Sebagai Media Temu Kembali Informasi (studi Deskriptif Tentang Kinerja Opac Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Berdasarkan Analisis Pieces
- Pengaruh Relationship Marketing (rm) Terhadap Customer Loyalty Di Perpustakaan Stie Perbanas Surabaya
- Motivasi Menulis Anggota Komunitas Sejarah Menulis Di Fakultas Ilmu Budaya
- Motivasi Siswa Memanfaatkan Perpustakaan Di Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (ypab) Surabaya
- Faktor-faktor Penyebab Customers Switching Behavior Pada Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi (studi Deskriptif Tentang Faktor-faktor Penyebab Customers Switching Behavior Pada Pengguna Perpustakaan Universitas Negeri Malang)
- Perempuan Pada Pekerjaan Perpustakaan
- Pemanfaatan Fasilitas Internet Oleh Mahasiswa Di Perpustakaan Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya
- Analisis Pelayanan Prima Dengan Konsep A6 Pada Perpustakaan Tinggi Negeri Di Surabaya
- Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuassan Pengguna Universitas Ciputra Library Surabaya
- Library Quality Service Pada Pengguna Perpustakaan Umum Balai Pemuda Surabaya (study Deskriptif Mengenai Kualitas Layanan Di Perpustakaan Umum Balai Pemuda Surabaya)
- Kualitas Layanan Perpustakaan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi (studi Perbedaan Kualitas Layanan Smpn 29 Surabaya Dan Smpn 4 Sidoarjo)
- Uji Usability Manajemen Arsip Digital Menggunakan Cloud Computing Di Pt. Xyz
- Pembentukan Identitas Sosial Remaja Dalam Komunitas Baca Goodreads Indonesia Regional Surabaya
- Relevansi Dan Penerapan Subject Authority Dalam Sistem Temu Kembali Koleksi Kitab Kuning Pusat Perpustakaan Uin Maulana Malik Ibrahim Malang
- Dimensi Kualitas Layanan Pada Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta (studi Deskripstif Tentang Dimensi Kualitas Layanan Jurnal Elektronik (e-journal) Pada Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta)
- Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya (studi Deskriptif Tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital Pada Remaja Smp, Sma Dan Mahasiswa Di Kota Surabaya)
- Standart Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Se Surabaya (studi Deskriptif : Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Berdasarkan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Di Bidang Perpustakaan)
- Proses Pemaknaan Novel Genre Dystopia Di Kalangan Anak Muda Urban Dari Perspektif Cultural Studies
- Praktik Kultural Dan Pengembangan Literasi Di Kalangan Penggemar Korean Pop Di Surabaya
- “perilaku Penemuan Informasi Kelompok Backpacker (pelancong Mandiri) Di Surabaya”
|