UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-09

Order : 2, and page :17 - 26

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh relationship marketing (rm) terhadap customer loyalty di perpustakaan stie perbanas surabaya

Author :

  1. Shirley Alifta Anestesia*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Relationship Marketing merupakan kesatuan proses dan strategi pengelolaan hubungan pada pengguna yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi baik profit maupun nonprofit dalam memasarkan produknya untuk meningkatkan kepuasan dan pertumbuhan jangka panjang tidak terkecuali pula dengan perpustakaan. Perpustakaan sebagai organisasi nonprofit juga menerapkan relationship marketing dalam pemasaran jasanya agar pengguna semakin loyal dan dapat mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan global. Penelitian ini menggunakan pada 3 pendekatan yaitu customer value, customer satisfaction, dan interaksi yang ada perpustakaan STIE Perbanas Surabaya, yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh relationship marketing terhadap customer loyalty di perpustakaan STIE Perbanas Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive samping dengan metode kuantitatif eksplanatif. Relationship marketing yang diteliti dalam penelitian ini dihitung melalui analisis regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa relationship marketing berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty dengan t hitung > t tabel (7,598 > 1,661) Selain itu korelasi parsial (R) yang dihasilkan adalah 0,609 sehingga dapat disimpulkan jika hubungan antara relationship marketing dan customer loyalty adalah kuat. Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas adalah sebesar 37,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain

Keyword :

relationship marketing, , customer loyalty, perpustakaan, -, -,


References :

Singarimbun,(1989) Metode Penelitian Survai - : LP3ES

Varey, Richard J,(2002) Relationship Marketing: Dialogue and Networks in the e- Commerce Era - : John Wiley & Sons,Inc

Lovelock, Christoper H. dan Lauren K. Wright,(2005) Manajemen Pemasaran Jasa - : Indeks





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-06
  1. Analisis Kinerja Online Public Access Catalogue (opac) Sebagai Media Temu Kembali Informasi (studi Deskriptif Tentang Kinerja Opac Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Berdasarkan Analisis Pieces
  2. Pengaruh Relationship Marketing (rm) Terhadap Customer Loyalty Di Perpustakaan Stie Perbanas Surabaya
  3. Motivasi Menulis Anggota Komunitas Sejarah Menulis Di Fakultas Ilmu Budaya
  4. Motivasi Siswa Memanfaatkan Perpustakaan Di Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (ypab) Surabaya
  5. Faktor-faktor Penyebab Customers Switching Behavior Pada Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi (studi Deskriptif Tentang Faktor-faktor Penyebab Customers Switching Behavior Pada Pengguna Perpustakaan Universitas Negeri Malang)
  6. Perempuan Pada Pekerjaan Perpustakaan
  7. Pemanfaatan Fasilitas Internet Oleh Mahasiswa Di Perpustakaan Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya
  8. Analisis Pelayanan Prima Dengan Konsep A6 Pada Perpustakaan Tinggi Negeri Di Surabaya
  9. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuassan Pengguna Universitas Ciputra Library Surabaya
  10. Library Quality Service Pada Pengguna Perpustakaan Umum Balai Pemuda Surabaya (study Deskriptif Mengenai Kualitas Layanan Di Perpustakaan Umum Balai Pemuda Surabaya)
  11. Kualitas Layanan Perpustakaan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi (studi Perbedaan Kualitas Layanan Smpn 29 Surabaya Dan Smpn 4 Sidoarjo)
  12. Uji Usability Manajemen Arsip Digital Menggunakan Cloud Computing Di Pt. Xyz
  13. Pembentukan Identitas Sosial Remaja Dalam Komunitas Baca Goodreads Indonesia Regional Surabaya
  14. Relevansi Dan Penerapan Subject Authority Dalam Sistem Temu Kembali Koleksi Kitab Kuning Pusat Perpustakaan Uin Maulana Malik Ibrahim Malang
  15. Dimensi Kualitas Layanan Pada Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta (studi Deskripstif Tentang Dimensi Kualitas Layanan Jurnal Elektronik (e-journal) Pada Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  16. Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya (studi Deskriptif Tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital Pada Remaja Smp, Sma Dan Mahasiswa Di Kota Surabaya)
  17. Standart Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Se Surabaya (studi Deskriptif : Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Berdasarkan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Di Bidang Perpustakaan)
  18. Proses Pemaknaan Novel Genre Dystopia Di Kalangan Anak Muda Urban Dari Perspektif Cultural Studies
  19. Praktik Kultural Dan Pengembangan Literasi Di Kalangan Penggemar Korean Pop Di Surabaya
  20. “perilaku Penemuan Informasi Kelompok Backpacker (pelancong Mandiri) Di Surabaya”