UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Analisis Hubungan Internasional

ISSN 2302-8777

Vol. 8 / No. 1 / Published : 2019-05

Order : 5, and page :62 - 77

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Peran tutor sebaya di sd al hikmah surabaya

Author :

  1. Mentari Agustin Alif*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Aktivitas belajar siswa full day school pada Sekolah Dasar Al Hikmah Surabaya menarik untuk diteliti lebihmendalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar siswa full day school di SDAl Hikmah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografi. Teknik pengumpulan datamelalui observasi dan wawancara mendalam kepada informan guru, walikelas, kepala sekolah, siswa kelas 5.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Teori KebudayaanMengajar (teaching cultures) dari Margaret Mead. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajarkhususnya di kelas 5 dilakukan dengan cara berkelompok dengan dipimpin tutor sebaya/ketua dari siswa yangdipilih oleh wali kelas. Tujuan dibentuk tutor sebaya agar mempermudah memahami materi pelajaran. Aktivitastidak hanya di dalam kelas namun juga praktik langsung di luar kelas, tujuannya agar siswa dapat memahami materipelajaran dengan pengalaman yang dilakukan. SD Al Hikmah menggunakan metode pembelajaran Scientific.Penerapan metode scientific ini menggunakan pendekatan 4 M yaitu Mengamati, Menggali informasi, Memberikomentar, dan Memberikan jawaban tentang pelajaran yang sedang diberikan. SD Al Hikmah adalah sekolah Islammodern yang menggabungkan aspek ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Berbagai macam aktivitas belajar yangdilakukan oleh siswa SD Al Hikmah saat berada di sekolah mulai dari pagi hingga sore hari. Siswa dapat salingbertukar pikiran dan berdiskusi mengenai materi pelajaran dalam kelompok tutor sebaya di kelas tersebut.

Keyword :

aktivitas siswa SD, full day school, tutor sebaya, 4M,


References :

Winkle, WS,(1983) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar Jakarta : Graha Media Pustaka Utama





Archive Article

Cover Media Content

Volume : / No. : / Pub. :