Jurnal Analisis Hubungan Internasional
ISSN 2302-8777
Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-09
Order : 19, and page :399 - 419
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel uni eropa terhadap tingkat penjualan produk komputer perusahaan asustek computer inc. di kawasan uni eropa tahun 2008-2012
Author :
- Prima Aji Novalianto*1
- -
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel yang diterapkan oleh Uni Eropa terhadap tingkat penjualan produk komputer perusahaan Asustek Computer Inc. di kawasan Uni Eropa tahun 2008-2012. Salah satu kebijakan yang diterapkan di Uni Eropa sebagai respon atas krisis lingkungan yang terjadi saat ini adalah kebijakan sertifikasi ecolabel. Saat ini, kebijakan sertifikasi ecolabel ini juga mulai diterapkan oleh negara-negara di dunia dalam memberikan referensi produk yang ramah lingkungan. Meskipun, kebijakan sertifikasi ecolabel tersebut mendapatkan kritikan dari para kaum akademik yang menyebutkan bahwa kebijakan sertifikasi ecolabel tidak efektif memberikan kontribusi yang jelas dalam memperbaiki kondisi lingkungan, adanya kebijakan sertifikasi ecolabel tersebut justru menjadi peluang bisnis bagi perusahaan-perusahaan multinasional yang menjalankan aktifitas bisnis mereka dengan menggunakan pemasaran hijau. Asustek Computer Inc. atau yang lebih dikenal dengan ASUS merupakan salah satu perusahaan multinasional yang bergerak dibidang teknologi komputer yang menggunakan pemasaran hijau sebagai inti dari aktifitas bisnis perusahaan. Pada tahun 2008, ASUS menerima ecolabel dalam kategori komputer yang pertama di Uni Eropa. Setelah menerima pengakuan ecolabel dari kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa di tahun 2008, market share dan omzet penjualan produk komputer ASUS di pasar internal Uni Eropa mulai meningkat dari tahun 2008 dan terus mengalami peningkatan di tahun 2012. Pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel di Uni Eropa merupakan permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa terhadap peningkatan penjualan produk komputer perusahaan ASUS di pasar internal Uni Eropa tahun 2008-2012. Permasalahan tersebut kemudian dianalisis menggunakan konsep kebijakan sertifikasi ecolabel dalam bisnisinternasional dan perilaku perusahaan multinasional terhadap kebijakan sertifikasi ecolabel. Berdasarkan temuan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk ASUS dengan menciptakan lingkungan bisnis yang memberikan peluang bisnis bagi perusahaan ASUS yang menerapkan pemasaran hijau dalam meningkatkan penjualan produk komputer mereka di Uni Eropa di tahun 2008-2012.
Keyword :
kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa, ASUS, peluang bisnis, pemasaran hijau, tingkat penjualan,
References :
Ciroth, Andreas dan Franze, Juliane.,(2011) LCA of an Ecolabeled Notebook: Consideration of Social and Environmental Impacts along the Entire Life Cycle” - : Green Delta
Rashid, Nik Ramli Nik Abdul,(2009) “Awareness of Eco-label in Malaysia’s Green Marketing Initiative” - : International Journal of Business and Management
-,(0000) - - : -
-,(0000) - - : -
-,(0000) - - : -
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-09 |
|