UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Analisis Hubungan Internasional

ISSN 2302-8777

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-09

Order : 19, and page :399 - 419

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel uni eropa terhadap tingkat penjualan produk komputer perusahaan asustek computer inc. di kawasan uni eropa tahun 2008-2012

Author :

  1. Prima Aji Novalianto*1
  1. -

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel yang diterapkan oleh Uni Eropa terhadap tingkat penjualan produk komputer perusahaan Asustek Computer Inc. di kawasan Uni Eropa tahun 2008-2012. Salah satu kebijakan yang diterapkan di Uni Eropa sebagai respon atas krisis lingkungan yang terjadi saat ini adalah kebijakan sertifikasi ecolabel. Saat ini, kebijakan sertifikasi ecolabel ini juga mulai diterapkan oleh negara-negara di dunia dalam memberikan referensi produk yang ramah lingkungan. Meskipun, kebijakan sertifikasi ecolabel tersebut mendapatkan kritikan dari para kaum akademik yang menyebutkan bahwa kebijakan sertifikasi ecolabel tidak efektif memberikan kontribusi yang jelas dalam memperbaiki kondisi lingkungan, adanya kebijakan sertifikasi ecolabel tersebut justru menjadi peluang bisnis bagi perusahaan-perusahaan multinasional yang menjalankan aktifitas bisnis mereka dengan menggunakan pemasaran hijau. Asustek Computer Inc. atau yang lebih dikenal dengan ASUS merupakan salah satu perusahaan multinasional yang bergerak dibidang teknologi komputer yang menggunakan pemasaran hijau sebagai inti dari aktifitas bisnis perusahaan. Pada tahun 2008, ASUS menerima ecolabel dalam kategori komputer yang pertama di Uni Eropa. Setelah menerima pengakuan ecolabel dari kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa di tahun 2008, market share dan omzet penjualan produk komputer ASUS di pasar internal Uni Eropa mulai meningkat dari tahun 2008 dan terus mengalami peningkatan di tahun 2012. Pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel di Uni Eropa merupakan permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa terhadap peningkatan penjualan produk komputer perusahaan ASUS di pasar internal Uni Eropa tahun 2008-2012. Permasalahan tersebut kemudian dianalisis menggunakan konsep kebijakan sertifikasi ecolabel dalam bisnisinternasional dan perilaku perusahaan multinasional terhadap kebijakan sertifikasi ecolabel. Berdasarkan temuan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk ASUS dengan menciptakan lingkungan bisnis yang memberikan peluang bisnis bagi perusahaan ASUS yang menerapkan pemasaran hijau dalam meningkatkan penjualan produk komputer mereka di Uni Eropa di tahun 2008-2012.

Keyword :

kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa, ASUS, peluang bisnis, pemasaran hijau, tingkat penjualan,


References :

Ciroth, Andreas dan Franze, Juliane.,(2011) LCA of an Ecolabeled Notebook: Consideration of Social and Environmental Impacts along the Entire Life Cycle” - : Green Delta

Rashid, Nik Ramli Nik Abdul,(2009) “Awareness of Eco-label in Malaysia’s Green Marketing Initiative” - : International Journal of Business and Management

-,(0000) - - : -

-,(0000) - - : -

-,(0000) - - : -





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-09
  1. Pengaruh Ikhwanul Muslimin Terhadap Politik Luar Negeri Mesir Dalam Konflik Israel-palestina
  2. Analisis Atribut Budaya Nasional Dalam Promosi Online Toshiba Corporation
  3. Politik Energi Rusia Dan Dampaknya Terhadap Eropa Terkait Sengketa Gas Rusia-ukraina 2006-2009
  4. European Union’s Protection Policy Towards United States Beef Imports Analysis
  5. Faktor Penyebab Konflik Pasca Partisi Sudan-sudan Selatan Tahun 2011-2012
  6. Bilateral Free Trade: Hubungan Perdagangan Indonesia-china Dalam Kerangka Acfta
  7. Pengaruh Trips Dalam Bisnis Benih Transgenik Mnc Terhadap Isu Ketahanan Pangan Studi Kasus: Monsanto Di Lahan Pertanian Indonesia
  8. Konstruksi Identitas Dan Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Kasus Sengketa Ambalat Tahun 2005
  9. Normalisasi Hubungan Bilateral Georgia-rusia Pascakonflik Tahun 2008
  10. Keterlibatan Rusia Dalam Upaya Resolusi Konflik Nagorno-karabakh Antara Armenia Dan Azerbaijan 2008- 2012
  11. Implementasi Heart Of Borneo Oleh Indonesia Dan Malaysia Dalam Mengatasi Illegal Logging Di Hutan Perbatasan Kalimantan Timur
  12. Koneksi Al-qaeda Dan Aqim Di Mali Utara: Ideologi, Jaringan, Dan Aktivisme
  13. Strategi Jepang Dan Korea Selatan Dalam Menyelesaiakan Sengketa Teritorial Pulau Takeshima / Dokdo
  14. Etnisitas Dan Politik Luar Negeri: Respon Turki Terhadap Penindasan Etnis Uyghur Di Xinjiang
  15. Kebijakan Pemerintah Australia Terkait Permasalahan Irregular Maritime Arrivals Periode Kepemimpinan Perdana Menteri Julia Gillard Tahun 2010-2012
  16. Dua Belas Tahun Aksesi Keanggotaan Arab Saudi Dalam World Trade Organization (wto) : Pengaruh Politik Dalam Negeri
  17. Proteksionisme Amerika Serikat Pasca Krisis Finansial 2008
  18. Pengaruh Krisis Pangan Global 2008 Terhadap Ketahanan Pangan Negara Haiti
  19. Pengaruh Kebijakan Sertifikasi Ecolabel Uni Eropa Terhadap Tingkat Penjualan Produk Komputer Perusahaan Asustek Computer Inc. Di Kawasan Uni Eropa Tahun 2008-2012
  20. Pengaruh Cina Terhadap Taiwan Terkait Penerimaan Prinsip Satu Cina Oleh Taiwan Tahun 2008
  21. Pengaruh Asean Economic Community Terhadap Strategi Akuisisi Yang Dilakukan Maybank Ke Bii
  22. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Cina Dalam Membuat Regulasi Human Organ Transplantation Tahun 2002-2007
  23. Implementasi Convention On The Elimination Of All Forms Discrimination Against Women (cedaw) Terhadap Kasus Kekerasan Seksual Di Wilayah Shan Myanmar Pada 1996-2001
  24. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Nilai Non-intervensi Pada Organization Of African Unity (oau)
  25. Pengaruh Students For A Democratic Society Dan Vietnam Veterans Against War (1964-1973) Terhadap Perubahan Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat Dalam Mengakhiri Perang Vietnam
  26. Faktor Kultural Dan Ekonomi Sebagai Penyebab Peningkatan Kasus Perdagangan Manusia Di Thailand Periose 2006-2011
  27. Permintaan Kenaikan Upah Minimum Buruh Bangladesh Oleh H&m: Analisis Hubungan Negara Dan Perusahaan