UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Analisis Hubungan Internasional

ISSN 2302-8777

Vol. 7 / No. 1 / Published : 2018-06

Order : 5, and page :72 - 87

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Peran guru pada siswa disabilitas di sekolah luar biasa kota surabaya

Author :

  1. Nur Wulan Wati*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Proses belajar siswa disabilitas penting untuk diteliti karena tidak semua masyarakat memahami caramendidik siswa disabilitas di Sekolah Luar Biasa.Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakurikulum dan variasi disabilitas di Sekolah Luar Biasa Tunas Kasih Lakarsantri Surabaya, keduabagaimana peran guru pada siswa disabilitas SD, SMP, SMA. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode etnografi. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi dan wawancara mendalamkepada 10 informan. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan teori belajar. Hasil daripenelitian ini menunjukkan tidak semua guru menggunakan kurikulum 13 untuk siswa disabilitasSD, SMP dan SMA. Kurikulum 13 disesuaikan dengan kondisi siswa disabilitas. Kurikulum ini sebagaiwujud sistem budaya yang digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran dan disesuaikan denganvariasi jenis disabilitas (tunagrahita, downsyndrome, tunarungu, tunawicara, autis) dan kemampuansiswa. Peran guru besar dalam mengajar pada siswa disabilitas untuk tingkat SD, SMP, SMA. Gurutidak membedakan praktik belajar untuk siswa disabilitas tingkat SD, SMP, SMA karena kemauandan kemampuan belajar siswa tersebut ternyata relatif sama meskipun mereka berbeda tingkat kelasdan jenis disabilitas. Praktik belajar ini untuk mata pelajaran berhitung (pengenalan angka danmenjumlahkan angka), membaca (pengenalan huruf dan membaca kalimat), menulis(menyalinkalimat sampai satu halaman), mencuci motor, mengecat bangku, sholat berjamaah, olahraga,menyulam taplak meja, mewarnai dan menari.

Keyword :

kurikulum 13, Sekolah Luar Biasa, variasi siswa disabilitas, praktik belajar, peran guru,


References :

I.G.A.K, W,(2010) Pengantar Pendidikan Luar Biasa Jakarta : Universitas Terbuka

Koentjaraningrat,(1990) Sejarah Teori Antropologi II Jakarta : Universitas Indonesia (UI-press)

Peeters, T,(2009) Panduan Autisme Jakarta : Dian Rakyat





Archive Article

Cover Media Content

Volume : / No. : / Pub. :