UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 3 / No. 2 / Published : 2015-02

Order : 20, and page :97 - 105

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kualitas pelayanan transportasi publik (studi deskriptif tentang kualitas pelayanan jasa angkutan umum perum damri unit angkutan bus khusus gresik-bandara juanda)

Author :

  1. RIO BAGUS FIRMANSYAH AL RASYID*1
  2. Dra. R. Wahyuni Triana, MS*2
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  2. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

  The stateis obliged to serve every citizen to meet their basic needs in the public service. One of them is the transport. Without the transport, will have an impact on a wide range of needs in several sectors. The problems posed in this research is how the special bus service quality Gresik-Juanda international airport and the factors that affect the quality of bus services. To know the quality of these services, the researchers used a dimension by Zeithamal, Parasuraman, and Berry is Tangible, Reliability, responsivenes, Assurance and Empathy. As for knowing the factors that affect the quality of service can be known through the organizational structure, the ability of the apparatus, and System services. This research used the qualitative method with type a descriptive research. Selection of informants is done with purposive technique. While the collection of data is carried out by means of observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis using the technique of triangulation of data sources with the reduction of data, presenting data, draw conclusions and final verification of research results. In addition, this research also tested the validity of the data obtained by comparing the information with secondary data, and comparing the information with the relevant theory. From data obtained in field indicates that the quality of service provided by Damri Surabaya as the organizer of the service is quite good, but with a note in some indicators of lack of compliance with the conditions in the field. Damri Surabaya had to do repairs, quality improvement of human resources, physical facilities, and security services that support quality services.                  

Keyword :

: public service, Service Quality,


References :

Agus Dwiyanto,(2008) Mewujudkan Good Governace Melalui Pelayanan Publik 8 : UGM Press

Kamaludin Rustian,(2003) Ekonomi Transportasi Karakteristik Teori, dan Kebijakan 5 : Ghalia Indonesia





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2015-02
  1. Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Pengendalian Kelebihan Muatan Angkutan Barang Di Jembatan Timbang Mojoagung Kabupaten Jombang
  2. Akuntabilitas Dan Transparansi Anggaran Melalui E-government (studi Tentang Penganggaran Di Pemerintah Kabupaten Blitar)
  3. Strategi Metode Crc (cityzen Report Card) Dinas Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kota Surabaya
  4. Studi Deskriptif Kualitas Pelayanan Dan Faktor-faktor Determinan Kualitas Pelayanan Dalam Penanganan Keluhan Di Media Center Pemerintah Kota Surabaya
  5. Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana (studi Deskriptif Tentang Penanggulangan Bencana Letusan Gunung Kelud Di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri)
  6. Kebijakan Penataan Minimarket (studi Deskriptif Implementasi Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Penataan Minimarket Di Kabupaten Sidoarjo)
  7. Dampak Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (stbm) Pilar Pertama Di Desa Gucialit Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang
  8. Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (jkn) Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rsu Haji Surabaya
  9. Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) Di Kelurahan Pegirian Kecamatan Semampir Kota Surabaya
  10. Implementasi Kebijakan Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Di Kota Batu Sebagai Kawasan Agropolitan
  11. Studi Eksploratif Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Peraturan Daerah No. 8 Tahun 2011 Tentang Ruang Terbuka Hijau Kabupaten Gresik
  12. Optimalisasi Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Untuk Memperkuat Fasilitas Kesehatan Publik Guna Mengurangi Aki Pada Puskesmas Mulyorejo
  13. Kualitas Pelayanan Transportasi Publik (studi Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum Perum Damri Unit Angkutan Bus Khusus Gresik-bandara Juanda)
  14. Peraturan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2012 (studi Deskriptif Tentang Faktor-faktor Yang Menentukan Keberhasilan Implementasi Kebijakan Angkutan Hasil Tambang Batubara Di Kabupaten Tanah Laut)
  15. Kepemimpinan Kepala Daerah (studi Kasus Walikota Surabaya, Tri Rismaharini Dalam Perspektif Emotional Intelligence)
  16. Capacity Building Instansi Puskesmas Dalam Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (jkn) Di Puskesmas Jagir Kota Surabaya
  17. Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Adopsi Inovasi Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Umkm Kampung Sepatu Di Tambak Osowilangon, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya
  18. “kemitraan Pengembangan Umkm” (studi Deskriptif Tentang Kemitraan Pt. Pjb (pembangkit Jawa Bali) Unit Gresik Pengembangan Umkm Kabupaten Gresik)
  19. Studi Deskriptif Tentang Dampak Inovasi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Dan Respon Masyarakat Pemilik Bangunan Dalam Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan Di Badan Penanaman Modal Dan Perijinan Kabupaten Lamongan
  20. Implementasi Kebijakan Kerjasama Antar Daerah (studi Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Di Kabupaten Sidoarjo Dan Kabupaten Pasuruan)
  21. Evalusi Program Wajib Belajar 12 Tahun Pada Masyrakat Miskin Di Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Kota Surabaya
  22. Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Partisipatif ( Studi Kasus Tentang Partisipasi Masyarakat Desa Sugio Dalam Pembangunan Perluasan Pasar Desa Di Desa Sugio Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan )
  23. Studi Deskriptif Tentangimplementasi Peraturan Walikota Surabaya Nomor 33 Tahun 2011 Tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuhdi Kelurahan Pegirian Kecamatan Semampir Kota Surabaya
  24. Transparansi, Partisipasi Dan Akuntabilitas Dalam Kemitraan Pengelolaan Kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya Antara Pemerintah, Sektor Swasta Dan Masyarakat Sipil
  25. Dampak Pelaksanaan Perda Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern Terhadap Perkembangan Pasar Dan Pedagang Ritel Traisional Di Kota Kediri
  26. Kualitas Pelayanan Transportasi Publik (studi Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan Kapal Penumpang Trayek Gresik - Bawean Di Pelabuhan Gresik)
  27. Kualitas Pelayanan Perpanjangan Pajak Melalui Layanan Publik Stnk Keliling Di Gresik
  28. Evaluasi Program Bus Sekolah Di Kota Surabaya
  29. Partisipasi Pria Dalam Program Keluarga Berencana (kb) Di Kecamatan Pakal Surabaya
  30. Implementasi Kebijakan Perda No.5 Tahun 2008 Kota Surabaya (studi Eksploratif Tentang Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (ktr) Dan Kawasan Terbatas Merokok (ktm) Di Rsud. Dr. Soewandhie Surabaya)
  31. Studi Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B