Journal of Public Health Research and Comunity Health Development
ISSN 2597-7571
Vol. 1 / No. 1 / Published : 2017-10
Order : 5, and page :39 - 47
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Risk management of occupational health and safety on engine room feri ship of the second madura strait in surabaya
Author :
- Ronggo Yudo Wicaksono*1
- Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat
Abstract :
Risk Management K3 merupakan suatu upaya untuk mengelola risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk mencegah terjadinya kecelakaan secara sistematis dan terstruktur dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan kegiatan risk management pada engine room Kapal Feri Selat Madura II Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan merupakan penelitian cross sectional berdasarkan waktu penelitiannya. Objek penelitian ini berfokus pada engine room, dengan populasi seluruh pekerja engine room yang berjumlah 6 orang. Data primer didapatkan melalui hasil observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada engine room terdapat 25 jenis bahaya dengan 5 bahaya termasuk dalam kategori risiko tingkat tinggi atau risiko yang tidak dapat diterima, 20 bahaya merupakan risiko tingkat sedang atau risiko dapat ditolerir, dan 5 bahaya merupakan risiko tingkat rendah atau risiko yang dapat diterima. Upaya pengendalian yang diterapkan adalah pengendalian secara teknik engineering, administratif dan penyediaan Alat Pelingdung Diri (APD). Pengendalian yang paling efektif adalah pengendalian dalam bentuk pemasangan safety device pada mesin, dengan nilai sebesar 90%. Berdasarkan penilaian risiko sisa, masih terdapat 6 bahaya dengan tingkat risiko sedang.Kesimpulan penelitian ini adalah, dari total 25 macam bahaya pada engine room Kapal Feri Selat Madura II Surabaya , 20% diantaranya termasuk kedalam bahaya dengan tingkat risiko tinggi atau tidak dapat diterima, namun pengendalian yang diterapkan rata-rata memiliki nilai 90%, maka dari itu 76% bahaya dengan kategori risiko tinggi atau tidak dapat diterima dapat diturunkan menjadi kategori dapat diterima.
Keyword :
kamar mesin kapal feri selat madura II surabaya, manajemen risiko,
References :
Ryan Rizky Bikatofani,(2015) ANALISIS RISIKO PENGOPERASIAN OVERHEAD CRANE DOUBLE GIRDER DI DIVISI KAPAL NIAGA PT PAL SURABAYA Vol. 4 No. 1 Bulan Januari-Juni Tahun 2015, 43-53 : The Indonesian Journal Of Occupational Safety and Health
David Sirait, Refri Doni Eka Putra, Yahya Kuncoro,(2016) MANAJEMEN RISIKO PENUMPANG KAPAL PT (PERSERO) PELAYARAN NASIONAL INDONESIA CABANG TANJUNG PRIOK JAKARTA Vol. 3 No. 1 Bulan September Tahun 2016, 95-110 : Jurnal Manajemen Bisnis
Bryan Alfons Willyam Sepang, J. Tjakra, J. E. Ch. Langi, D. R. O. Walangitan,(2013) MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUKO ORLENS FASHION MANADO Vol. 1 No. 4 Bulan Maret Tahun 2013, 282-288 : Jurnal Sipil Statik
Fahmi Nurul Anwar, Ida Farida, Agus Ismail,(2014) Analisis Manajemen Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Pekerjaan Upper Structure Gedung Bertingkat (Studi Kasus Proyek Skyland City-Jatinangor) Vol. 13 No. 1 Tahun 2014, 1-13 : Jurnal STT G
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 1 / No. : 1 / Pub. : 2017-10 |
|