UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2016-02

Order : 33, and page :327 - 337

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Tata kelola badan usaha milik negara (penerapan good corporate governance di perum damri kantor cabang surabaya)

Author :

  1. Achmad Ardiansyah Setyawan P.*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

The study aims to describe the implementation of the principles Good Corporate Governance (GCG) in the Brach Office Perum Damri Surabaya. This research uses the qualitative method with type descriptive research. Selection of informants is done with purposive sampling technique. Collection of data is carried out by means of observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis uses the technique of triangulation with the reduction of data, verification of data, and presenting interesting data obtained by comparing the information with secondary data and relevant theory. The results obtained from this research indicate that the implementation of Good Corporate Governance (GCG) in the Brach Office Perum Damri Surabaya so far is not optimal. It is known form the criteria contained in the five principles of Good Corporate Governance (GCG) 1) Transparency 2) Accountability 3) Responsibility 4) Independency 5) Equality and Fainess. Of the Good Corporate Governance (GCG) principles is implemented in the Branch Office Perum Damri Surabaya, two principles is not optimal, that is principle of transparency and principle of equality and fairness. The other is principle of accountability, principle of responsibility, and principle of independency is quite optimal.

Keyword :

Transparency, Accountability, Independency, Responsibility, Equality ,


References :

Dadang Suprayitno., Ari Widayanti,(2010) Kinerja Layanan Bis Kota Di Kota Surabaya Vol. 10 No. 1 April 2010 : Jurnal Transportasi





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2016-02
  1. Inovasi Pelayanan One Stop Service (studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya)
  2. Implementasi Program E-kios Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Di Kelurahan Kebraon Kota Surabaya
  3. Studi Deskriptif Tentang Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan Dalam Penanggulangan Bencana Kekeringan Di Wilayah Kabupaten Pasuruan
  4. Dampak Kualitas Pelayanan Perizinan Terhadap Peningkatan Investasi Pada Upt Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Jawa Timur
  5. Kinerja Pegawai Dinas Pengelolaan Bangunan Dan Tanah Dalam Pelaksanaan Inventarisasi Aset Tanah Di Kota Surabaya
  6. Studi Eksploratif Tentang Faktor-faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Efektifitas Pengawasan Perizinan Minimarket Di Kota Surabaya
  7. Pengukuran Kinerja Dengan 3 Perspektif Balanced Scorecard Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kota Surabaya
  8. Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 (studi Deskriptif Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013 Tingkat Sma Dan Smk Di Kabupaten Blitar)
  9. Analisis Keefektifan Instrumen Kebijakan Penataan Toko Swalayan Di Kota Surabaya (studi Tentang Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 8 Tahun 2014)
  10. Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional Dalam Rangka Menjamin Perlindungan Kesehatan Bagi Peserta Bpjs Di Rsud Dr.m.soewandhie Kota Surabaya
  11. Kinerja Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (uptsa) Kota Surabaya Dan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Dan Tata Ruang (dcktr) Kota Surabaya Dalam Memberikan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (imb)
  12. Pengembangan Model Pelatihan Tenaga Kerja Sektor Informal Di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
  13. Instrumen Kebijakan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (studi Proses Perumusan Dan Analisis Karakteristik Instrumen Kebijakan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Di Kabupaten Bojonegoro)
  14. Studi Deskriptif Tentang Evaluasi Tahapan Hasil Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Kepala Desa Oleh Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014
  15. Strategi Dinas Pertanian Dan Dinas Koperasi Umkm Kota Surabaya Dalam Mengembangkan Sentra Ikan Bulak Di Surabaya
  16. Studi Deskriptif Tentang Sinergitas Kewenangan Antara Bpjs Kesehatan Dengan Organisasi Profesi Dalam Penyediaan Layanan Kesehatan Di Kota Surabaya
  17. Penyusunan Dokumen Berbasis Komunitas Studi Deskriptif Tentang Peran Badan Permusyawaratan Desa Dan Komunitas Tani Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Gelang, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo
  18. Studi Deskriptif Tentang Faktor Penghambat Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah Di Kampung Binaan Bordir Di Kelurahan Kedung Baruk Kecamatan Rungkut Surabaya
  19. Keefektifan Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayanaan Masyarakat (pnpm) Mandiri Perkotaan Dalam Upaya Mengentaskan Kemiskinan Di Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya
  20. Kinerja Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo Dalam Pengelolaan Sampah
  21. Keefektifan Program Pengolahan Administrasi Desa Secara Elektronik (pade) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintahan Desa Di Desa Sidorejo Kabupaten Lamongan
  22. Studi Deskriptif Strategi Public Private Partnership Pengelolaan Sampah Di Tpa Benowo Kota Surabaya
  23. Studi Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan Penanganan Keluhan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya
  24. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah Pitoe Jambangan Kota Surabaya
  25. Penerapan Inovasi Pelayanan Pengaduan Media Center Di Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Surabaya
  26. Evaluasi Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (rsdk) Di Kota Surabaya
  27. Evaluasi Implementasi Program Urban Farming Oleh Dinas Pertanian Di Kota Surabaya
  28. Inovasi Penjualan Tiket Kereta Api Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kenyamanan Calon Penumpang Dan Efisiensi Pengelolaan Penjualan Tiket Di 4 Stasiun Di Kota Surabaya
  29. Efektivitas Media Center Dalam Memberikan Penanganan Keluhan Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya
  30. Dampak Signifikansi Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Tambahan Modal Dana Uep (usaha Ekonomi Produktif) Pada Peningkatan Keberdayaan Usaha Mikro Perempuan Di Kecamatan Kota Sumenep
  31. Pelaksanaan Program Sister City Dalam Perspektif Sound Governance : Studi Kasus Kota Surabaya
  32. Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Add (alokasi Dana Desa) Di Desa Nguwok Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan
  33. Tata Kelola Badan Usaha Milik Negara (penerapan Good Corporate Governance Di Perum Damri Kantor Cabang Surabaya)