Catalog :




Detail Article

INSAN Media Psikologi

ISSN 1411-2671 (Cetak); 2310-7945 (Online)

Vol. 7 / No. 3 / Published : 2005-08

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Faktor emosi dalam proses perubahan organisasi

Author :

  1. C. D. Ino Yuwono*1
  2. M. G. Bagus Ani Putra*2
  1. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya
  2. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya

Abstract :

Selama ini kajian-kajian tentang perubahan dalam organisasi lebih banyak berada pada tataran rasional. Pandangan bahwa individu akan mudah menerima prubahan apabila ada penjelasan rasional merupakan pandangan umum dalam perubahan organisasi sehingga strategi perubahan organisasi mengikuti pola rasional (Bennis & Chin, 1997). Perubahan organisasi selalu menyangkut perubahan individu, dan respon individu dalam menyikapi perubahan ini tidak semata-mata rasional tetapi juga melibatkan respon emosional. Emosi yang melekat dalam diri individu sebagai manusia, dalam kajian tentang proses perubahan dalam organisasi dianggap sebagai suatu nuissance. Sedangkan reaksi-reaksi emosional individu dalam menanggapi perubahan yang terjadi dalam organisasi dianggap sebagai suatu bentuk resistance. Terdapat perbedaan antara model perubahan organisasi yang umum digunakan selama ini dengan model perubahan organisasi yang mempertimbangkan unsur emosi individu. Pengelolaan emosi para anggota organisasi merupakan suatu hal yang harus diperhatikan apabila perubahan yang diinginkan organisasi diharapkan dapat berjalan dengan lancar. Dalam model perubahan individu yang terdapat dalam makalah ini, yang berkaitan dengan perubahan organisasi, terlihat bahwa respon emosional individu memegang peranan penting dalam penerimaan atau penolakan terhadap perubahan yang dilakukan organisasi. Berbagai perbedaan pendekatan model teoritis yang digunakan dalam kajian Psikologi Industri-Organisasi, yang memasukkan faktor emosi dalam proses perubahan organisasi menunjukkan hasil yang senada, bahwa respon emosional individu dalam menyikapi perubahan mengikuti suatu pola yang teratur dan dapat diantisipasi. Tahapan-tahapan perubahan emosi yang terpola dalam menyikapi perubahan organisasi ini dapat digunakan sebagai model untuk emotional management dalam pengelolaan perubahan organisasi.

Keyword :

emosi, model perubahan individu, pengelolaan, emosi, perubahan organisasi,


References :

  1. Colin A Carnall, (2003). Managing Change in Organizations, 4th Ed.. : Prentice Hall International
  2. Carol Kinsey Goman, (2004). Have We learned nothing about Managing Change? . : www.LinkageInc.com
  3. Robert Chin, (1985). The Planning of Change, 4th Ed.. New York : Holt, Rinehart and Winson
  4. Warren Bennis, (1985). The Planning of Change, 4th Ed.. New York : Holt, Rinehart and Winson
  5. Kenneth D. Benne, (1985). The Planning of Change, 4th Ed.. New York : Holt, Rinehart and Winson
  6. Richard.L. Daft, (2004). Organization Theory and Design, 8th Ed.. South-Western : Thompson
  7. Willem. Door Mastenbroek, (1999). Organizational Behaviour as an Emotion Management: Recent Developments. . : http://om.hbp.net/asp/artikelen/4.asp?aid=4
  8. Stephen Fineman, (2003). Understanding Emotion at Work. London : Sage Publication
  9. Freeman, (1996). Organizational Loss. : www.imvp.mit.edu/papers/96/freeman2.pdf
  10. N.H. Frijda, (1986). The Emotions. Cambridge, MA : Cambridge University Press
  11. Adrian Furnham, (1997). The Psychology of Behaviour at Work: The Individual in the Organization. Sussex : Psychological Press
  12. Yiannis Gabriel, (2002). Emotion, Learning and Organizing. : The Learning Organization
  13. Dorothy S.Griffiths., (2002). Emotion, Learning and Organizing. : The Learning Organization
  14. Jennifer M. George, (2001). Towards a process model of Individual Change in Organizations. . : Human Relations
  15. Gareth R. Jones, (2001). Towards a process model of Individual Change in Organizations. . : Human Relations
  16. Hart, (2003). Managing Transition in Complex Change Efforts. : CRESS Centre
  17. Q.N. Huy, (1999). Emotional Capability, Emotional Intelligence and Radical Change. : Academy of Management review
  18. Ian Palmer, (2005). Managing Organizational Change : A Multiple Perspectives Approach.. New York : McGraw-Hill International Edition
  19. Richard Dunford, (2005). Managing Organizational Change : A Multiple Perspectives Approach.. New York : McGraw-Hill International Edition
  20. Gib Akin, (2005). Managing Organizational Change : A Multiple Perspectives Approach.. New York : McGraw-Hill International Edition
  21. Jennifer M. George, (2001). Towards a process model of Individual Change in Organizations . : Human Relations
  22. Gareth R. Jone., (2001). Towards a process model of Individual Change in Organizations . : Human Relations
  23. Jim Johnson, (1995). Chaos: The Dollar Drain of ITFailures. : Application Development Trends
  24. Joseph LeDoux, (1996). The Emotional Brain. Simon and Schuster. : http://www.beyondresistance.com/htm/popups/why.html
  25. Tina Kiefer, (2002). Understanding the Emotional Experience of
    Organizational Change : Evidence from Merger. : Advances in Developing Human Resources
  26. Nell Kimberley, (2005). Models of Emotion Management for Change. : www.apps.aomonline.org/interactive paper/
  27. Kubler-Ross, (1998). On Death and Dying (1969, Alihbahasa Wanti Anugrahani). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
  28. F.R. Manfred, (1999). Transforming the Mind-Set of The Organization. Jakarta : Administration and Society
  29. Kets de Vries, (1999). Transforming the Mind-Set of The Organization. Jakarta : Administration and Society
  30. Katharina Balazs, (1999). Transforming the Mind-Set of The Organization. Jakarta : Administration and Society
  31. Anat Rafaeli, (2001). Individual Emotion in Work Organization. : Social Science Information
  32. Monica Worline, (2001). Individual Emotion in Work Organization. : Social Science Information
  33. S. Speedy, (2004). Emotions and Emotionality in Organisations. New South Wales : Southern Cross University
  34. Peter Taylor, (1999). Loss and grief : Issues for Organizational Change and Development. Melbourne : HERDSA Annual
  35. Deone Zell, (2003). Organizational Change as a Process of Death, Dying and Rebirth. : The Journal of applied Behavioral Science
  36. , (0000). . : www.verdick.org/burnout/definitions.html
  37. , (0000). . : http://ccs.mit.edu/21c/iokey.html
  38. , (0000). . : http://www.neiu.edu/~dbehrlic/hrd408/glossary.html
  39. , (0000). . : http://www.beyondresistance.com/htm/popups/why.html


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2008-03
  1. Consensual quality: bridging the gap between qualitative and quantitative research holy-trinity
  2. Mengembangkan industri kecil menengah melalui pendekatan kluster
  3. Apa yang diketahui anak-anak sekolah dasar tentang keselamatan dirinya: studi pendahuluan tentang pemahaman akan keselamatan diri
  4. Faktor emosi dalam proses perubahan organisasi
  5. Strategi perluasan merek dan loyalitas konsumen
  6. Analisis faktor alat ukur kepribadian big five (adaptasi dari ipip) pada mahasiswa suku jawa
  7. Warning signs and intervention strategies with suicidal risk in adolescent
  8. Pengaruh pelatihan dan evaluasi self-talk terhadap penurunan tingkat body-dissatisfaction